Soal Dana Kelurahan, DPMD Bolmong Bakal Gelar Bimtek

Bolmong234 Dilihat
Kepala DPMD Bolmong Ahmad Yani Damopolii

KOTAMOBAGU POST, BOMONG — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Bolmong, bakal memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Lurah dan perangkatnya yang mengelola Dana Kelurahan (Dankel).

Hal ini dikatakan Kepala DPMD Bolmong Ahmad Yani Damopolii, Rabu (26/08/2020).

Ia mengatakan, anggaran Bimtek sebelumnya telah ditata dalam APBD induk tahun 2020, namun terjadi pergeseran anggaran karena untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Mudah – mudahan pada penataan anggaran di APBD Perubahan, kami akan mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Bimtek bagi lurah soal pengelolaan dan pemanfaatan dana kelurahan. Di Bolmong juga ada dua kelurahan, masing-masing Kelurahan Inobonto dan Imandi,” terang Yani.

Dikatakannya, Dankel ini bisa terbilang baru di kelolah oleh dua Kelurahan yang ada di Bolmong. Selain itu, pada realisasi pelaksanaan Dankel pada tahun 2019 lalu, ada kelurahan yang belum maksimal memanfaatkan anggaran tersebut.

“Bimtek ini penting untuk Lurah dan perangkatnya agar proses pemanfaatan anggaran ini bisa dilakukan secara maksimal. Apalagi di tahun 2020 dan tahun depan, ada kenaikan anggaran untuk Dankel,” tambah Yani.

Sementara itu, Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Bolmong, Deker Rompas membenarkan jika proses pengelolaan Dankel ini masih perlu diberikan pendampingan terhadap dua kelurahan yang ada.

“Selain itu juga kami juga fokus terhadap regulasi dan nomenklatur terkait dengan pemerintahan kelurahan agar pendampingan dari OPD bisa maksimal. Intinya, keberadaan kelurahan ini akan kami perhatikan agar pengelolaan terhadap Dankelnya bisa juga maksimal,” tambah Deker. (eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.