Himbauan BMKG Terhadap Hujan Lebat Disertai Petir Dan Angin Kencang Untuk Wilayah Sulut

SULUT-Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Utara memperingatkan Kepada seluruh masyarakat Sulut untuk tetap waspada dengan cuaca buruk yang akan berlangsung selama 7 hari kedepan.

Hal ini melalui himbauan Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado melalui Koordinator Operasional Ben Arter Mole. Senin 04/03/2024

Dalam himbauan tersebut Koordinator Operasional Bmkg menyampaikan bahwa adanya ganguan gelombang atmosfer Kelvin serta Sst anomali pada (+0.5- +2.4 ⁰C) menambah masa uap air dibeberapa wilayah termasuk Sulawesi utara.

Adanya labilitas lokal kuat yang mendukung proses pembentukan awan konvektif pada skala lokal terdapat disebagian besar diwilayah Sulut.

MJO berada dalam kuadran 3 berkontribusi terhadap prose pembentukan awan hujan diwilayah indonesia, serta analisis angin lapisan 3000ft yamg menunjukan angin disulut bergerak dari arah utara-timur laut.

Sehingganya kami menghimbau kepada masyarakat Provinsi Sulut agar tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang pada haru Senin 04 sampai 10 maret 2024.”pungkasnya *** (Mochu)