Bupati Bolmut ikuti Webinar Peluncuran Kemitraan Daerah Pesisir

0 58

KOTAMOBAGUONLINE.COM BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh, ikuti Webinar Peluncuran Kemitraan Bupati/Walikota Pesisir, Kamis (06/08/2020).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk Pembangunan Berkelanjutan point 14 (Ekosistem Lautan) Provinsi Sulawesi Utara bertempat di ruang rapat Bupati Bolmut.

Salah satu fokus TPB-14 adalah ekosistem laut, yang antara lain menekankan perlunya perlindungan dan pengelolaan secara berkelanjutan dari ekosistem pesisir dan laut untuk mencapai laut yang sehat dan produktif, mendukung peningkatan manfaat ekonomi bagi negara-negara kepulauan yang mempraktekkan pengelolaan secara berkelanjutan, mencegah IUU fishing dan overfishing, serta melarang penangkapan ikan dengan teknik yang merusak.

Selain itu, TPB-14 juga mengutamakan penyediaan akses bagi nelayan kecil ke sumber daya laut dan pasar.

Para pemangku kepentingan mengemban tugas untuk mendukung tercapai Poros Maritim Dunia pada Kebijakan Nasional dan TPB-14, sebagaimana telah diamanatkan dalam Pasal 27 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Melalui sinergi yang kuat dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, maka pembangunan daerah dapat diarahkan untuk mendukung implementasi poros maritim dunia dan pencapaian TPB-14 tersebut, salah satunya melalui program pembangunan yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pelestarian sumber daya laut dan perikanan.” Ujar Bupati.

Sementara itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, maka semua dokumen perencanaan pembangunan daerah seyogyanya mengintegrasikan dan berkontribusi pada pencapaian tujuan berkelanjutan, terutama TPB-14.

Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan RARE, yang selama ini telah melaksanakan kerja sama dan kemitraan dengan pemerintah daerah melalui Program Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP), di mana melalui PAAP, pelestarian dan pengelolaan sumber daya laut dan perikanan, serta peran serta nelayan kecil dalam pengelolaan sumber daya tersebut menjadi sasaran program.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandow menyampaikan apresiasi kepada 13 Bupati/Walikota yang telah membacakan ikrar dan bertekad untuk bekerja sama dalam konsep TPB-14 ini.

Wagub Optimis apa yang dihasilkan dari acara ini bukan hanya sebatas ikrar tetapi akan di tindak lanjuti pada seluruh program-program pada masing-masing Kabupaten Kota maupun Provinsi.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pembacaan ikrar kesediaan Bupati/Walikota pesisir untuk bergabung dalam kemitraan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan no 14 di provinsi Sulawesi Utara dan penyerahan secara simbolis dokumen ikrar kesediaan Bupati/Walikota pesisir untuk bergabung dalam kemitraan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan no 14 di provinsi Sulawesi Utara dari 13 bupati/walikota pesisir kepada 13 perwakilan nelayan kecil.

Turut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Dr. Edhy Prabowo, Perwakilan Kementrian Dalam Negeri, Perwakilan Kemenko Kemaritiman dan Investasi, perwakilan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Sekprov Sulut Edwin Silangen, SE, MA, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekda Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, serta Kepala OPD terkait.

 

Kategori: BolmutTag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bupati Bolmut ikuti Webinar Peluncuran Kemitraan Daerah Pesisir"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.