Wakili Pj Wali Kota, Agung Adati Buka Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah

Kotamobagu1827 Dilihat

KOTAMOBAGU – Mewakili Pj Wali Kota Kotamobagu Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Asisten III bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu Moch. Agung Adati. ST MSI membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah, Rabu (25/10).

Adapun yang menjadi Narasumber dalam Bimtek ini Hijrah Apriansyah S.Kom dari kemenPANRB.

Bimtek yang dilaksanakan di hotel Aryaduta Manado, diIkuti oleh Perangkat Daerah yang menangani perencanaan, Perangkat Daerah yg menangani SPBE, Inspektorat dan seluruh kasubag perencanaan di seluruh perangkat daerah.

Pada sambutannya, Asisten III Agung Adati menyampaikan pentingnya kegiatan bimtek ini karena bernilai strategis guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja yg jelas, efektif, efisien dan terukur pada masing-masing instansi.

“Penyusunan peta proses bisnis merupakan hal yg wajib dilakukan oleh perangkat daerah yg menyelenggarakan pelayanan publik karena merupakan acuan yg menggambarkan hubungan kerja yg efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan yg telah ditetapkan,” ujar Asisten.

Narasumber Hijrah Apriansyah dalam pemaparan materinya, menyampaikan alur proses peta bisnis dari penyusunan peta proses, peta subproses, peta relasi dan peta lintas fungsi dalam bentuk diagram.

Sementara itu, Kabag organisasi Setda Kota Kotamobagu, Ahmad Afandy Abasi, ST., ME., menambahkan untuk Kotamobagu sendiri sudah selesai merampungkan penyusunan peta proses bisnis level pemerintah kota.

“Selanjutnya akan dilanjutkan untuk penyusunan proses peta bisnis perangkat daerah. Hal ini karena selain merupakan salah satu indikator Reformasi Birokrasi, probis juga merupakan indikator penilaian SPBE dan menjadi acuan dalam pembuatan SOP,” ujarnya.