Kolam di Tumobui, Setahun Mampu Produksi 6 Ton Ikan Nila

0 246

Kolam Ikan Nila di Kelurahan Tumobui yang mampu memproduksi 6 Ton dalam dua kali panen setahunnya (foto : KPC/April/2020)

KOTAMOBAGU POST – Sebuah kolam berukuran sekira 25 x 50 meter ternyata mampu memproduksi Ikan Nila rata-rata 6 ton dalam setahunnya atau dikonversi ke kilogram, yakni berat 6000 kilogram.

Kolam ikan beralamat di Tumpbui ini milik seorang warga Kelurahan Sinindian, yakni Oby Tambuwun yang sudah 4 tahun terkahir terus menghasilkan suplai protein hewani warga kebutuhan warga di Kota Kotamobagu.

“Dalam setahun ada dua kali panen ikan Nila. Per enam bulan sekitar 3 ton yang kami panen,” kata Ferry, seorang karyawan Oby Tambuwun yang diwawacarai Kotamobagu Post dilokasi kolam ikan, Kamis (16/04/2020)

Dikatakan, hasil produksi ikan nila itu merupakan bonus dari hasil peternakan ayam, karena ikan nila tidak diberi makan.

“Yang diberi makan adalah ayam petelur dengan makanan pabrik, jadi ikan nila tidak diberi makan dan dipanen setiap enam bulan,” ujar Ferry.

Biasanya kata Ferry, setiap hari raya umat muslim dan hari raya umat Kristen, kolam ikan nila selalu dibuka.

“Karena kalau panen ikan nila disaat hari raya, harganya selalu dilumayan dan tingkat kebutuhan ikan nila masyarakat sangat tinggi,” tambahnya. (audie kerap)

Kategori: KotamobaguTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kolam di Tumobui, Setahun Mampu Produksi 6 Ton Ikan Nila"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.