Eks Pejabat ‘Import’ Pasca Pemekaran Itu, Kini Jabat ‘Panglima Birokrat’ Kota Kotamobagu

Ir Sande Dodo MT resmi menjabat Sekda Devinitf Kota Kotamobagu. (KPC)

KOTAMOBAGU POST – Jabatan tak mengenal latar belakang. Dedikasi, loyalitas dan profesionalitas memang jadi tolak ukur atas kepercayaan jabatan publik sekelas Sekretaris Daerah.

Gambaran ini mungkin cocok disematkan kepada  kepada figure humanis siapa lagi kalau bukan Ir Sande Dodo, Master Teknik.

Pria kalem dan baik hati ini serta pinter merasa ini, tak disangka sanggup memenangkan ‘perebutan’ jabatan Panglima Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah dengan ratusan prestasi pelayanan publik, ‘asuhan’ Tatong Bara.

Sande Dodo, ASN yang berdomisili di Kelurahan Kopandakan Kecamatan Kotamobagu Selatan memang dikenal sosok ASN hampir uzur itu, telah menjalani dedikasinya tak lama setelah pemekaran Kota Kotamobagu dari Kabupaten Bolmong Induk.

Mulai dari Jabatan Kepala Dinas PU Kota Kotamobagu, kemudian sempat menjabat Kepala Bapelitbangda Kota Kotamobagu diketahui instansi jadi dapur perencanaan pembangunan, hingga tahun 2019 ini, masih dipercayakan jabat Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang, sebelum menjawarai ‘perebutan tahta’ panglima ASN Kota Kotamobagu.

Terus, apa latar belakang sosok ASN Sande Dodo sebelum menjadi ASN Daerah Kota Kotamobagu?

Sande Dodo yang bertipikal suka mendengar dari pada berbicara ini, diketahui adalah sosok ASN yang pekerja keras, tercatat adalah Pegawai Negeri Sipil Pemprov Sulut, di lingkungan Dinas PU, Cipta Karya.

Sande sendiri pasca pemekaran merupakan ASN yang direkrut oleh Pemkot Kotamobagu untuk mendrive instansi vital DInas Pekerjaan Umum, langsung dipercayakan menduduki jabatan esalon IIB, sebagai Kepala Dinas PU menggantikan Ir Ena Mokoginta yang memasuki MPP.

Berlatar belakang ilmu arsitek, Sande Dodo pasca kepindahannya dari ASN Pemprov Sulut menjadi ASN Daerah Kota Kotamobagu, semasa itu dirinya ikhlas meninggalkan kepercayaan besar yang diembannya di lingkungan Dinas PU Provinsi Sulut.

Pun, kedatangannya sebagai pejabat ‘import’ pasca pemekaran Kota Kotamobagu, adalah kebutuhan daerah pemekaran dibidang perencanaan dan pembangunan fisik, apalagi semasa itu, kondisi infrastruktur Kota Kotamobagu, dalam keadaan morat-marit.

Dalam kiprahnya menjadi PNS Kota Kotamobagu, Sande Dodo merupakan ASN yang telah mengalami tiga kali masa kepemimpinan pasangan Walikota. Yakni masa kepemimpian Walikota/Wakil ; Djelantik Mokodompit – Tatong Bara, Tatong Bara-Djainudin Damopolii dan masa sekarang kepemimpinan Tatong Bara – Nayodo Koerniawan. (audie kerap)

Kategori: Breaking News, Kotamobagu, Sulawesi UtaraTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Eks Pejabat ‘Import’ Pasca Pemekaran Itu, Kini Jabat ‘Panglima Birokrat’ Kota Kotamobagu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.