Dua Instansi Pemkab Bolmong Turun ke Desa Domisil Tangani Bocah Viral

Bolmong52 Dilihat

KOTAMOBAGUPOST.COM,Bolmong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) merespons cepat video viral yang menunjukkan dua bocah di Desa Domisil, Kecamatan Sangtombolang, dengan menurunkan tim dari beberapa instansi untuk menangani kasus tersebut.

Sekretaris Daerah Bolmong, Abdullah Mokoginta, menyatakan pada Kamis, 30 Mei 2024, bahwa dua instansi, yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) serta Dinas Sosial, telah dikerahkan ke Desa Domisil untuk memberikan penanganan yang diperlukan.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga diperintahkan untuk turun ke lapangan.

“Tim kesehatan dari Puskesmas Maelang sudah ke lokasi tadi pagi. Bantuan dari Dinas Sosial sudah diberikan,” kata Abdullah.

Ia menambahkan bahwa pada Jumat besok, Bupati Bolmong akan mengunjungi Desa Domisil untuk melihat langsung kondisi kedua bocah tersebut dan memastikan segala kebutuhan mereka terpenuhi.

Sementara itu, Kepala Desa Domisil, Sirajudin Katili, membantah bahwa anak-anak tersebut ditelantarkan. Menurutnya, situasi tersebut lebih disebabkan oleh kelalaian keluarga daripada penelantaran.

“Ini bukan ditelantarkan tapi kelalaian ibu anak tersebut,” jelas Sirajudin. Ia menjelaskan bahwa anak-anak tersebut diasuh oleh kakek mereka sementara ibu mereka bekerja di luar rumah.

Ketika video direkam, kedua anak memang berada di rumah sendirian, yang kemudian menimbulkan kesan bahwa mereka terlantar.

“Anak disebut ditelantarkan bila sudah berbulan-bulan tidak diurus, ini bukan kasus seperti itu,” tambahnya.***