Pj. Bupati Sirajudin Lasena Menerima Kunjungan Pengurus AMAN Sulut

Bolmut109 Dilihat

BOLMUT– Pj. Bupati  Bolmong Utara Sirajudin Lasena,SE,M.Ec,Dev menerima kunjungan silaturahmi Ketua PW AMAN Sulut Kharisma Kurama, SH, Biro OKK Gerard Tiwow, Ketua Damanda AMAN KAIDIPANG Gandhi Goma, SH, Ketua PH AMAN Kaidipang Romi Lantapa. Pertemuan berlangsung di rumah Bupati Bolmut Boroko Kecamatan Kaidipang. Kamis 07/03/2024

 

Perlu diketahui Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) adalah organisasi kemasyarakatan independen dengan visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua Masyarakat Adat di Indonesia yang saat ini AMAN bekerja di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mewakili dan melakukan advokasi untuk isu-isu Masyarakat Adat.

 

AMAN beranggotakan 2.449 komunitas Masyarakat Adat di seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 17 juta anggota individu yang dibentuk pada 1999 sesuai dengan keputusan Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang pertama (KMAN I). Pada 17 Maret 1999 yang saat itu lebih dari 400 pemimpin Masyarakat Adat di Nusantara berkumpul di Hotel Indonesia Jakarta.

 

Pada KMAN I tersebut membahas serta mencari solusi untuk mengatasi ancaman terhadap eksistensi Masyarakat Adat, termasuk pelanggaran hak asasi, perampasan tanah adat, pelecehan budaya, dan berbagai kebijakan yang mendiskriminasi Masyarakat Adat.

 

Dalam kunjungan tersebut Ketua PW AMAN Sulut ke Bolmut dalam rangka turut serta dan peduli terhadap musibah banjir terjadi di Desa Inomunga Kecamatan Kaidipang dan desa-desa yang terendam banjir di Kecamatan Bolangitang Barat, sebelum berkunjung kita bersilaturahmi dengan Pj. Bupati Bolmut.

Dan Pj. Bupatipun memberikan apreasi tersendiri serta mengucapkan terima kasih kepada pengurus AMAN Sulut dan AMAN Kaidipang yang telah memberikan bantuan instalasi air bersih di Desa Inomunga serta sembako.”ujar kharisma