oleh

Dialog Moderasi Beragama Digelar Sinode GMIBM dan PC GP Ansor Kotamobagu dibuka Nayodo Koerniawan

KOTAMOBAGU POST – Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH, resmi membuka sekaligus menjadi Narasumber dalam giat Dialog Moderasi Beragama yang dilaksanakan oleh BPS GMIBM dan PC GP. Ansor Kotamobagu,

Kegiatan berlangsung di gedung Sinode GMBIM Bolmong, Kelurahan Kotamobagu pada Selasa (28/12/21), dihadiri oleh pejabat Forkompimda Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Wawali mengingatkan tentang pentingnya menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama seperti yang sudah terjalin selama ini.

“Moderasi beragama adalah sikap saling menghargai, menghormati dan mencintai sesama umat beragama. Hal ini menjadi penting sebagai perwujudan menjaga kerukunan antar umat beragama, di negara kita yang sangat plural ini,” ucap Nayodo.

Nayodo menambahkan, kewajiban memelihara moderasi beragama ini merupakan tanggungjawab semua pihak.

“Sikap intoleran dan radikal yang muncul akhir-akhir ini, dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tidak bertanggungjawab yang ingin memecah belah persatuan di NKRI. Salah satu isu yang mereka hembuskan yaitu masalah agama. Hal ini tentu tidak boleh kita biarkan, Pemerintah bersama TNI, Polri, Organisasi Keagaaman dan elemen masyarakat lainnya, akan menjadi garda terdepan untuk mencegah hal itu terjadi,” jelas Nayodo saat membawakan materi Peran Pemerintah Dalam Memelihara Kerukunan Antar Umat Beragama.

Turut hadir dan menjadi Narasumber diantaranya, Kapolres Kotamobagu, AKBP. Irham Halid, S.IK, Ketua FKUB Sulut yang juga Ketua Yayasan Kesehatan Sinode GMIBM, Pdt. CH. Raintama, Imam Besar MABM Kotamobagu, KH. Al Habib Mohammad Naim Bin Ali Aljaelani, serta OKP/OKPI yaitu GP. Ansor, GAMKI, Pemuda GMIBM, Pemuda GPdI, Pemuda Katholik, Hindu dan Budha. (*)