oleh

Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bolmut Peringati HUT Ke-14

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT-  Bupati Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-14 Kabupaten

Upacara yang dipusatkan di lapangan Kembar Boroko digelar pada Minggu (23/05/2021), diikuti oleh jajaran ASN-THL dengan menerapkan standart protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Depri Pontoh mengatakan pihak Pemerintah Daerah terus mengupayakan percepatan pembangunan daerah dengan meletakkan kebijakan perencanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhan aspirasi masyarakat, sehingga secara berkelanjutan dalam pelaksanaannya dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat Bolmut itu sendiri.

“Komitmen ini selaras dengan tema HUT Kabupaten Bolmut ke-14 tahun yakni : Aparatur Berkompetensi, Masyarakat Berkarakter, Infrastruktur Mapan Untuk Bolmut Sejahtera“, Ungkapnya.

Depri Pontoh juga menyampaikan kerangka capaian kinerja pembangunan dan arah kebijakan yang telah terwujud sampai dengan saat ini, dimana Pandemi Covid-19 telah memberi pengaruh terhadap perekonomian ditingkat Nasional maupun Global, sehingga memberikan dampak buruk bagi perekonomian daerah, dengan pertumbuhan ekonomi daerah hanya mencapai 0,71% pada tahun 2020, diman angka menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu 6,17%.

“Meskipun demikian, jika dilihat dari sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, dapat dikatakan cukup baik. Hal ini diindikasikan dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari angka 66,91 poin pada tahun 2019, menjadi 66,99 poin pada tahun 2020”, Ujar Pontoh.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pengentasan kemiskinan terus diupayakan secara strategis dan terpadu, dimana angka kemiskinan mengalami penurunan 0,04% dari tahun 2019, yakni 8,45% menjadi 8,41% pada tahun 2020, serta angka pengangguran terbuka pada tahun 2020 menurun menjadi 4,06% dari tahun sebelumnya sebesar 4,71%.

“Dengan pencapaian ini, masih banyak yang perlu kita tingkatkan terkait pembangunan yang ada di Kabupaten Bolmut tercinta”, Pungkasnya.  (Fahrudin Piola)