oleh

Sekda Bolmut Sampaikan Kondisi Bencana Dan Upaya Penanggulangannya di Hadapan BNPP Dan Kementerian PUPR RI

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT- Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong Utara Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si mempresentasikan kondisi bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Bolmong Utara beserta upaya penanggulangannya di hadapan BNPP dan Kementerian PUPR RI. Jakarta, Senin (15/02/2021).

Pion-poin penting yang menjadi penyampaian Sekda Bolmut di hadapan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementerian PUPR RI antara lain wilayah Kecamatan Pinogaluman menjadi Lokasi Prioritas (LOKPRI) Nasional.

“Kondisi perbatasan Pinogaluman yang saat ini mengalami darurat abrasi pantai di Desa Buko, Buko Utara, dan Tombulang Pantai, sangat mendesak untuk ditangani dengan melakukan pembuatan tanggul penahan ombak, Sebab sangat mengkhawatirkan terhadap penduduk setempat yang terdampak”. Ujarnya.

Selain itu, Sekda Bolmut memaparkan kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Andagile yang berada di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut, serta kondisi kesehatan, pendidikan, dan pasar rakyat Kecamatan Pinogaluman untuk segera mendapat perhatian dari Kementerian terkait.

Sekda Bolmut juga memaparkan kondisi bencana dan upaya penanggulangannya di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Bolmong Utara. “Antaranya pembangunan tanggul penahan abrasi sungai di Kecamatan Sangkub, Bintauna, Bolangitang Timur, dan Bolangitang Barat, serta pembangunan jembatan Goyo yang menjadi akses jalan satu-satunya masyarakat setempat, dan juga menjadi pusat pertanian di Kecamatan Bolangitang Barat”. Pungkasnya.

Diketahui, Deputi BNPP dan Kementerian terkait dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Bolmong Utara sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana yang terjadi di Kabupaten Bolmong Utara.

Turut hadir Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I, Ditjen Bina Pembangunan Daerah KEMENDAGRI, Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus, Ditjen PPDT, Kementerian Desa PPDT, Kasubdit PUPR, Ditjen SUPD II, Ditjen Bidan Bangda KEMENDGRI, Kepala Biro Hukum Organisasi dan Kepegawaian BNPP, Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Laut, Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi Kesra, Asisten Deputi Infrastruktur Pemerintahan, Kadis PUPR Bolmut, Kaban BPBD Bolmut, Kabag Pemerintahan SETDA Bolmut, dan Kabag PROKOPIM SETDA Bolmut. (Fahrudin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed