Pelaku Usaha Mirko Kecil di Kotamobagu Dapat Pelatihan VKM di Hotel Sutan Raja  

Kotamobagu130 Dilihat
umkm di Kota Kotamobagu mendapat pelatihan dari PT Indomarco

KOTAMOBAGU POST – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) Kota Kotamobagu menggelar Pelatihan Virtual Kewirausahaan Mandiri (VKM) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pelatihan kerja sama  Disdagkop Kota Kotamobagu mengandeng PT Indomarco Prismatana (Indomaret) Cabang Manado, untuk para pelaku UMKM di masa pademi, bertempat di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Kamis (11/02/2021).

Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Siti Rafiqa Bora, mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar pelaku UMKM di Kota Kotamobagu dapat bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19 dan membantu manajemen UMKM.

“Pemkot Kotamobagu mengapresiasi PT Indomarco yang sudah mau membantu memfasilitasi pelatihan Virtual Kewirausaha Mandiri bagi UMKM di Kotamobagu. Oleh karena itu Pemkot menyambut baik dilaksanakannya pelatihan bagi UMKM ini,” ujar Rafiqa Bora.

Dikatakan Bora, UMKM memiliki peran sangat berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan perekonomian. Untuk itu UMKM harus memiliki kemampuan dalam bersaing.

 

Dimana produktifitas UMKM di Kotamobagu menunjukkan peningkatan, namun nilainya masih sangat kecil dibandingkan produktifitas pengusaha besar. Untuk itu, pelatihan dan peningkatan ini sangat penting dan strategis untuk UMKM.

“Untuk menghadapi persaingan global pemasaran, serta manajemen usaha, kemampuan UMKM harus ditingkatkan,” terangnya.

Selain itu kata Rafiqa, dimasa pandemi Covid-19 juga  masih kurangnya kemampuan pelaku usaha baik dari sisi produksi maupun keahlian dalam memasarkan produk yang dihasilkan, serta kemampuan para pelaku UMKM bersaing dengan pelaku industri besar akibat masih rentannya kualitas produk dan kurangnya Sumber Daya Manusia. (***)