Arham Olah Buah Kelapa Jadi VCO

Bolmut757 Dilihat

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT- Arham Piola S.Tp warga Desa Ollot Dua, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolmong Utara ini, mampu mengolah buah kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) atau biasa disebut minyak kelapa murni.

Kepada Kotamobagupost.com dirinya mengungkapkan semua ini berawal dari hasil penelitian skripsi pada jurusan Teknologi Hasil Pertanian di Universitas Al-Khairaat (UNISA) Palu tahun 2014.

Kemudian pada tahun 2016 mulai dikebangkan dan diproduksi melalui fermentasi  yang memanfaatkan bakteri Rhizopus Oligosporus yang terdapat pada ragi.

“Metode pengolahan buah kelapa menjadi VCO ini saya dapat dari bangku kuliah saat melakukan Penelitian Skripsi pada tahun 2014, kemudian mulai diproduksi pada tahun 2016 sampai sekarang dengan masih menggunakan metode manual”. Ujarnya kepada Kotamobagupost.com, Rabu (07/10/2020).

Saat ini dirinya tetap memproduksi VCO untuk dikonsumsi pribadi dan dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

“Biasanya ada beberapa orang yang memesan langsung untuk dikonsumsi sebagai obat herbal”. Ujarnya.

VCO buatannya ini sudah pernah diikutsertakan pada Expo Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara tahun 2018 di Kota Manado, dan Expo pada Festival Batu Pinagut tahun 2019. Selain itu, dikatakannya ada banyak manfaat dari VCO sebagai obat herbal yang multifungsi diantaranya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Arham berharap semoga Pemda Bolmut dapat memperhatikan serta memfasilitasi agar VCO buatannya ini mamapu menjadi primadona dalam industri herbal khususnya di Kabupaten Bolmong Utara. Pungkasnya. (fahrudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.