Wabup Bolmut Buka Sosialisasi Program Pamsimas Kabupaten

Bolmut195 Dilihat

KOTAMOBAGU POST – Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP Membuka Secara resmi kegiatan Sosialisasi Program Pamsimas III Reguler/HID/HKP tingkat Kabupaten Bolmut tahun 2020 yang Bertempat di Ruang Rapat Bapelitbang, Rabu (09/09/2020).

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis masyarakat atau Pamsimas adalah salah satu Program yang dilaksanakan oleh pemerintah indonesia dengan dukungan Bank Dunia. Program Pamsimas ini telah mulai sejak tahun 2008, dan untuk Kabupaten Bolmut sendiri mendapatkan kesempatan mengikuti program ini sudah mulai sejak tahun 2016.

Diketahui Sampai Pada Akhir 2018 capaian Akses Air minum aman di kabupaten Bolmut Masih Pada Kisaran 70,14 Persen, Capian ini masih jauh dari harapan sebagaimana target dalam capaian Akses Air minum yaitu Harus Mencapai 100 Persen akses air minum aman, Begitupun akses sanitasi layak, data capaian sampai saat ini masih angka 65,90 dari target yang harus diacapai 100 Persen.

Dalam upaya mencapai target dimaksud, salah satu program yang dilaksanakan adalah program Pamsimas atau penyediaan air minum dan sanitasi Berbasis masyarakat, program Pamsimas adalah program yang dilaksanakan oleh pemerintah indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan diwilayah perdesaan dan pinggiran kota. Program Pamsimas ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah Fasilitas Pada warga masyarakat kurang terlayani termaksud masyarakat Berpenghasialan Rendah diwilayah Perdesaan dan pinggiran kota.

Di kabupaten Bolmut, program Pamsimas telah mengintervensi Sebanyak 46 Desa yang Mendapat Bantuan Dengan nilai total kurang lebih 8,2 Milyar, tahun 2020 ini ada sebanyak 11 desa yang sekarang telah melaksanakan Pembagunan Fisik. Diharapkan dengan Kolaborasi Program Baik Pamsimas maupun program lainnya, diakhir Masa RPJMD Target Universal Acces Baik Air Minum Maupun Sanitasi Dapat tercapai.

Pemerintah desa diberi kesempatan mengajukan Proposal untuk mengikuti kegiatan ini dan melalui tahapan Verifikasi dan evaluasi akan ditetapkan desa-desa yang akan mendapatkan bantuan Pamsimas Pada tahun 2021. diharapakan pemerintah desa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya terutama desa-desa yang memang saat ini masih sangat Butuh Ketersediaan Air Minum.

Diakhir sambutannya beliau Mengharapkan kepada Bapak Ibu Sangadi dapat Berperan aktif mengikuti Sosialisasi ini dan merancang Kebutuhan Air Minum dan Sanitasi Desa sehingga Setelah sosialisai ini pemerintah desa dapat menyusun Proposal Kesediaan Mengikuti Program Pamsimas ini dan menyepakati Persyaratan yang dibutuhkan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Narasumber Dinas PUPR Provinsi Sulut Andrew O. Kaundang, ST, Fasilatator Pamsimas Bolmut Surimawati Ningsih ADI, ST, Pimpinan SKPD terkait, Para Camat dan Sangadi se-Kabupaten Bolmut. (fahrudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.