Dinding Penahan Air Mulai Retak, Pemprov Sulut Harus Segera Perbaiki Bendungan Desa Paku    

Bolmut389 Dilihat

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Rudini Masuara mengaku telah mengajukan proposal untuk perbaikan Bendungan yang ada di desa Paku Kecamatan Bolangitang Barat.

“”Kami telah mengajukan proposal permohonan perbaikan bendungan Desa Paku ke Provinsi lewat Gubernur Sulawesi Utara namun hingga kini belum juga ada realisasi, Jelas Rudini Masuara saat ditemui wartawan Kotamobagupost.com Senin (07/09/2020).

Bendungan yang ada di desa Paku saat ini kondisinya kian mengkhawatirkan, dinding penahan air nampak terlihat mulai ada keretakan.

Sementara, disekitar bendungan tersebut terdapat pemukiman warga. Ditakutkan apabilah terjadi jebol dinding bendungan, air bisa meluap kepemukiman dan bisa terjadi banjir besar.

Informasi yang ada, Bendungan itu dibangun pada tahun 1999, dengan daya tamping air yang cukup banyak. Bendungan tersebut mengairi 564 Hektar lahan pertanian di kecamatan Bolangitang Barat.

Rudini mengungkapkan, proposal perbaikan bendungan yang diajukan estimasi anggarannya mencapai 5 Miliar yang bersumber dari APBN.

“ Di proposal itu kita ajukan dana 5 miliard untuk perbaikan,” Terang Kadis.

Sampai saat ini pihak Dinas PUPR Bolmut sedang menunggu persetujuan proposal permohonan perbaikan bendungan yang ada di Desa Paku yang sudah dikirimkan sejak tahun 2017.

“Semoga anggaran untuk perbaikan bendungan Desa Paku akan segera dicairkan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemprov Sulawesi Utara. Kalau anggarannya sudah ada, maka akan segera dilakukan perbaikan bendungan yang ada di Desa Paku, karena kami juga khawatir akan kondisi bendungan Desa Paku yang kian parah dan mengancam keselamatan masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan”. Pungkasnya. (Fahrudin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.