Bolmut Optimis Raih Penghargaan Nasional Untuk Penanganan Stunting

Bolmut420 Dilihat
Kepala Bapelitbang Bolmut

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT – Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (BAPELITBANG) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Abdul Nazarudin Maloho optimis bakal mendapat Penghargaan Nasional untuk Penanganan Stunting.

“Untuk kriteria penilaian kinerja dari aksi 1 – 8 tentang bagaimana penanganan stunting di Kabupaten Bolmut khususnya Sulawesi Utara sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bolmut yang melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Instansi-instansi terkait, sehingga kami yakin penghargaan,”. Ungkapnya usai mengikuti rapat evaluasi penanganan stunting yang bertempat di Kantor Bapelitbang Bolmut, Kamis (03/09/2020).

Dia menambahkan untuk Provinsi Sulawesi Utara ada 4 daerah yang jadi penilaian yakni Bolmut, Bolmong, Bolsel, dan Minut. Dan untuk Bolmut sendiri menempati posisi pertama di Provinsi Sulawesi Utara dalam hal penanganan stunting.

“Kabupaten Bolmut merupakan yang tercepat dalam melaksanakan aksi 1 – 8 penanganan stunting”. Ucapnya.

Maloho menambahkan Berdasarkan riset kesehatan, Kabupaten Bolmut berhasil menurunkan angka stunting hingga 15% pada tahun 2020 melewati target Pemerintah pusat yakni 19%.

“Ada 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bolmut yang bekerja sama dalam melaksanakan program penanganan stunting, dan yang paling membanggakan ada 106 Desa dan 1 Kelurahan yang telah mengalokasikan dana untuk penanganan stunting”. Pungkasnya.

Perlu diketahui bersama bahwa “Stunting” merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuham tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. (Fahrudin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.