oleh

Berlangsung Aman, Pengecekan Patok Batas Indonesia dan Negara Papua New Guinea oleh Satgas Yonif Mekanis 516/CY

Satgas Yonif Mekanis 516/CY saat melakukan tugas di perbatasan Indonesia dan Negara Papua New Guena

KOTAMOBAGU POST, BOVEN DIGOEL, PAPUA – Pasukan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat  (TNI AD) secara rutin melakukan patroli dan pengecekan tapal batas  antara Indonesia dan Negara Papua New Guinea.

Menurut Komandan Pos (Danpos) Ninatie, Letda Inf Suhariyanto mengatakan, pengecekan patok di daerah perbatasan antar negara, wajib dilakukan.

Dikatakan pada hari Sabtu (19/08/2020) pengecekan patok batas itu dilakukan oleh personel di  bawah kendali Letkol Inf. Muhammad Radhi Rusin.

Satgas Yonif Mekanis 516CY saat melakukan pengecekan patok batas antara Indonesia dan Negara Papua New Guena

Bahkan, pengecekan patok itupun juga dilakukan dengan adanya pelayanan kesehatan sekaligus pembagian sembako ke beberapa warga yang berada di area patok perbatasan.

“Kurang lebih jaraknya sekitar 9 kilometer. Perjalanan kurang lebih 5 jam. Kita berjalan kaki dalam melakukan tugas pengecekan tapal batas,” ujar Letda Suhariyanto.

Satgas Yonif Mekanis 516CY saat melakukan pengibaran bendera merah putih dimomen pengecekan patok batas antara Indonesia dan Negara Papua New Guena

Terpisah, Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY menambahkan jika pengecekan patok, ialah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh personelnya.

Upaya itu, menurutnya, mampu mencegah adanya pergeseran patok batas negara yang berimbas pada kerugian bagi negara.

“Apabila ada pergeseran patok, ini akan berdampak pada luas wilayah NKRI di perbatasan,” tambahnya. (Kodam V/Brawijaya/audie kerap)