Ini Ungkapan Para Lurah di Kota Kotamobagu, Menghadapi Virus Corona 

Kotamobagu755 Dilihat
Tampak para lurah yang memberikan contoh mencuci tangan bagi warga mereka; Lurah Kotobangon Kori Manoppo SE, Lurah Tumobui Yodi Tumbelaka SE, Motoboi Besar Zulvan Pombaile SE, Lurah Biga Ronal Mokoginta Lurah  (foto : feki sayow)

KOTAMOBAGU POST – Keseriusan Walikota Kotamobagu melakukan pencegahan masuknya Virus Corona di Kota Kotamobagu, ternyata diikuti komitmen oleh para Lurah sebagai ujung tombak masyarakat.

Lurah Kotobangon Kori Manoppo SE ketika diwawancara di ruang kerjanya mengatakan  Sekarang saatnya, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah,  selaku Lurah Kelurahan Kotabangon yang ditemui pada Jumat (20/03/2020) di ruang kerjanya.

Kori Manoppo berpesan untuk libur yang akan direkomendasi oleh Pemkot, dimana sementara aktivitas kegiatan organisasi dan rutinitas usaha  dikerjakan  dari rumah. “Ini bentuk kepedulian pemerintah untuk kepentingan masyarakat agar tetap berada dirumah jika tidak ada kebutuhan mendesak”, ujarnya.

Lanjut Kori, gaya hidup sehat tentu perlu diterapkan untuk menangkal covid – 19 pasalnya, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar jadi upaya terbaik menghindari paparan Virus Korona.

Pada kesempatan yang sama Lurah Kelurahan Tumobui Yodi Tumbelaka SE berpesan agar lebih kuat menghadapi virus corona perlu perbanyak makan sayur dan buah yang banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Cukup istirahat tidur nyenyak di malam hari karena kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh.

“Saya dan seluruh perangkat kelurahan melakukan sosialisasi dengan menggunakan mobil agar warga masyarakat belum boleh melakukan pengumpulan massa, baik acara social, hayatan pesta atau keagamaan,” ujar Youdi Tumbelaka.

Sementara itu pula Lurah Kelurahan Biga Ronal Mokoginta mengatakan patut disyukuri di Kelurahan Biga sampai saat ini belum ada dan bahkan tidak ada anggota masyarakatnya yang terpapar dengan  Covid -19.

Menurut mantan wartawan ini, pihaknya berupaya untuk tetap memberikan himbawan setiap saat melalui perangkat Kelurahan untuk secara bersama – sama mengantisipasi dengan cara mempertahankan dan  memelihara kebersihan lingkungan  serta jangan lupa cuci tangan sebelum makan dan aktifitas lain yang berhubungan dengan menghindari Covid – 19.

Begitu pula Lurah Motoboi Besar; Zulvan Pombaile SE kepada media ini menyampaikan hal yang sama terkait dengan program pemerintah untuk mencegah terjadinya Covid – 19 di masyarakat maka himbauan terus diberikan.

“Harus ada ketersediaan tempat mencuci tangan saat masuk di rumah atau di ruangan Kantor sebelum masuk terlebih dahulu harus mencuci tangan dengan sabun,” ungkap Zulvan Pombaile. (feky sayow)