Disparbud Sasar Desa Sia Jadi Desa Wisata dan Desa Kopandakan 1 Jadi Desa Agro Wisata 

Kotamobagu363 Dilihat
Dinas Parwisata menyasar dua desa di Kota Kotamobagu dijadikan Desa Agro Wisata (ilustrasi)

KOTAMOBAGU POST – Tahun 2020 ini pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu akan memberikan konsep dukungan kepada dua desa yakni Desa Sia dan Desa Kopandakan 1 melalui programnya.

Desa Sia disasar menjadi Desa Wisata dan Desa Kopandakan 1 dikonsepkan menjadi Desa Agro Wisata.

Hal ini terungkap dari Plt.Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, ST, MM, baru-baru ini.

“Tahun 2020 ini, tentunya kita menitik beratkan pada program penciptaan destinasi desa wisata dan desa agro wisata,”Mokoginta.

Adapun pihak desa diajak untuk mampu ketersediaan anggaran membuat sebuah destinasi wisata yang berkonsep milenial, sesuai dengan karakteristik Kota Kotamobagu.

“Ada dua tempat yang akan kita sasar yaitu konsep desa wisata di desa sia’ sedangkan desa kopandakan satu direncanakan sebagai desa agro wisata,” ujarnya.

Desa agro wisata di Desa Kopandakan I akan menampilkan konsep tentang tanaman.

“Masyarakat akan diberdayakan untuk menanam serentak berbagai tanaman seperti kangkung darat, tanaman barito, bunga hias dan lain sebagainya. Apalagi dalam kawasan yang besar, tentu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk fotografi,” terangnya.

Desa Sia’ direncanakan akan dibuat sebagai desa wisata semisal objek paralayang.

Namun, untuk konsep desa wisata ini mungkin kita akan kerjasama dengan kementerian desa dan salah satu syaratnya harus ada SK dari walikota untuk penetapan desa wisata, insyaalah ini bisa terealisasi. (rus/kpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.