Menpan RB : “Launching e-Performance Sistem Akuntabilitas di Kotamobagu”

Kotamobagu1348 Dilihat
Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara saat foto bersama Menpan RB Dr. Asman Abnur, SE, M.Si, bersama sejumlah pejabat SKPD di Jakarta (foto : diskominfo kk)

KOTAMOBAGU POST, ADVERTORIAL – Kota Kotamobagu mendapatkan kepercayaan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Revormasi Birokrasi (Menpan-RB), dijadikan sebagai kota pedana launching Aplikasi e-Performance Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Hal ini disampaikan Menpan RB, Dr. Asman Abnur, SE, M.Si, saat menerima kunjungan kerja Walikota Kotamobagu bersama beberapa pimpinan SKPD, di Kementerian PAN-RB, pada Kamis (13/07/2017).

Launching Aplikasi e-Performance Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang dikelola Kemenpan-RB Akan dilaksanakan oleh sebanyak   514 Kabupaten/Kota se Indonesia, namun Kota Kotamobagu dipercayakan untuk launching perdana.

Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara saat bertatap muka dengan Menteri Pan dan RB Dr. Asman Abnur, SE, M.Si (foto : diskominfo kk)

Launching aplikasi e-Performance secara nasional akan dilaksanakan tanggal 17 Juli 2017, di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta.

“Nanti launching pertama khusus kabupaten dan kota, saya percayakan Kota Kotamobagu sebagai lokasinya. Saya meminta agar segala sesuatu terkait pelaksanaan kegiatan tersebut segera disiapkan,  dan saya langsung yang akan me-launching aplikasi tersebut di Kotamobagu,” kata MenPAN-RB, Dr. Asman Abnur, SE, M.Si,.

Walikota Kotamobagu menyampaikan ucapan terima kasih kepada MenPAN-RB yang telah mempercayakan sekaligus memilih Kotamobagu sebagai lokasi launching aplikasi e-Performance.

Bukan hal mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari Kemenpan-RB. Ini merupakan kerja keras dari kita semua, pemerintah bersama masyarakat Kota Kotamobagu, dalam menciptakan kerangka reformasi birokrasi  yang baik dan akuntabel di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ucap Walikota.

Menurut Tatong Bara, alasan Kotamobagu dipilih yaitu pertama, sudah 4 tahun berturut-turut kita meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara saat bersama sejumlah pejabat Pemkot Kotamobagu, berada diruang kerja Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Revormasi Birokrasi (foto : diskominfo kk)

Kedua, nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Kotamobagu sejak tahun 2014 sampai dengan 2016 ada peningkatan, dimana  tahun 2014 kita meraih nilai C, tahun 2015 nilai CC, dan di 2016 nilai kita sudah B. Selain itu, adanya kerangka reformasi birokrasi yang kita terapkan di Kotamobagu melalui beberapa aplikasi, seperti e-planning, e-monev, e-database, sicaca, e-tax, data dan e-office. Ini beberapa hal yang menjadi penilaian langsung Pak Menteri terhadap Kota Kotamobagu,” jelas Walikota.

Tampak Kadis Kesehatan Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, SE, bersama ASN Bagian Orpeg, Fahmi Iman,SH, ikut serta dalam pertemuan dengan MenPAN-RB

Diketahui, e-performance adalah aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan kinerja unit kerja.

Aplikasi ini menampilkan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan/sub kegiatan dalam pencapaian target kinerja, dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja dan keuangan. (advertorial/sumber : diskominfo kk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.