UKW PWI Kabupaten Mitra, 5 Peserta Belum Kompeten

0 772

suasana kegiatan UKW angkatan 11 PWI Sulut yang digelar di Kabupaten Mitra diikuti oleh 23 wartawan

KOTAMOBAGU POST – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berlegal standing peraturan Dewan Pers RI, kembai sukses di gelar di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) oleh organisasi kewartawanan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara.

UKW Angkatan 11 PWI Sulut ini di Kabupaten Mitra, tampil sebagai Tim Penguji berjumlah 3 orang. Mereka adalah Sasongko Tedjo, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Junaidi Rusli dan Nurhayana Amar. Ketiganya adalah tim penguji PWI Pusat yang juga kelompok kerja UKW Dewan Pers RI.

UKW Angkatan 11 PWI Sulut ini, diikuti oleh 23 wartawan yang keseharian aktif bertugas di Kabupaten Mitra. Dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan itu, dibahagi menjadi 3 kelas, semuanya berklafisikasi UKW Tingkat Muda.

Nah, UKW yang digelar selama 2 hari berturut itu, dari total peserta 23 orang wartawan, yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat hanya sebanyak 18 wartawan saja. Sedangkan 5 orang wartawan peserta UKW, dinyatakan tidak lulus atau belum berkompeten.

Ketua PWI Sulut Drs Voucke Lontaan kepada Kotamobagu Post mengatakan, semua hasil UKW yang diselenggarakan oleh PWI secara nasional, sama sekali tidak bisa diintervensi.

“UKW dilakukan secara murni, kompetensi wartawan ditentukan oleh hasil ujian oleh Tim Penguji. Nah, di Kabupaten Mitra, pesertanya ada 23 wartawan dan dinyatakan wartawan berkompeten (lulus ukw) sebanyak 18 peserta, sedangkan 5 diantaranya dinyatakan belum berkompeten (tidak lulus),” terang Lontaan, (02/03/2017).

Menurut Voucke, PWI Sulut menggelar langsung kegiatan UKW di Kabupaten Mitra, dikarenakan Pengurus PWI Kabupaten Mitra, belum terbentuk. “Setelah UKW ini, saya berharap Pengurus PWI Daerah Mitra segera terbentuk, karena sudah ada 18 wartawan yang sudah memenuhi syarat diajukan kepada PWI Pusat untuk mengurus keanggota Biasa PWI. Jika PWI Mitra sudah terbentuk, maka mereka yang langsung melakukan UKW, PWI Provinsi tinggal mengajukan jadwal UKW kepada PWI Pusat, mekanisme begitu,” jelas Voucke.

Senada hal itu, Ketua Panitia UKW Kabupaten Mitra, Ruland Sandag mengatakan, seluruh peserta UKW Mitra berjumah 23 wartawan, kesemuanya sudah mempersiapkan diri melalui Pra UKW yang digelar selama 2 hari.

Namun karena ujian Kompetensi ini benar-benar dilaksanakan murni, ada 5 orang peserta yang dinyatakan belum kompeten oleh Tim Penguji PWI Pusat. Saya ikut prihatin, dan berharap 5 peserta ini bisa ikut lagi UKW nantinya di kurun 6 bulan kedepan, karena aturannya begitu,” kata Ruland Sandag yang juga wartawan senior Biro Mitra yang sudah lulus UKW saat mengikuti ujian digelar di Kota Kotamobagu pada bulan July Tahun 2016 lalu. . (enal wahidji)

Kategori: Bolmong, Bolmut, Bolsel, Boltim, Breaking News, Kotamobagu, sider, Sulawesi UtaraTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "UKW PWI Kabupaten Mitra, 5 Peserta Belum Kompeten"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.