SiCaCa, Situs Andalan Pemkot Kotamobagu, ‘Off Line’

0 1354

Warga berharap segera bisa diakses lagi, karena Sicaca aplikasi andalan Pemkot Kotamobagu hingga berita ini diturunkan, masih tidak bisa diakses.

KOTAMOBAGU POST – Sepak terjang jajaran Pemerintah Kotamobagu dibidang profesionalitas pengelolaan keuangan, tak diragukan lagi. Opini WTP dari BPK RI sukses diraih. Satu indikatornya, Walikota Ir Tatong Bara bersama Sekda Tahlis Gallang sukses melakukan revormasi dibidang keuangan, termasuk transparansi keuangan melalui website : www.kotamobagukota.go.id

Namun, ironisnya, sudah hampir sebulan terkahir ( sejak akhir bulan Februari – Maret 2017), SiCaCa atau aplikasi Cari Tau Cair, website yang beralamat di www.sicaca.kotamobagu.go.id.kabarnya dikelola oleh Dinas PPKAD pimpinan Rio Lambone SSTP, enggak bisa diakses lagi.

Entah mengapa website andalan pemerintah Kotamobagu ini, jika diklik oleh masyarakat, tidak bisa diakses. Sejumlah warga Kotamobagu mengeluhkan, jika mengklik alamat SiCaCa di internet, maka hanya muncul tampil bertuliskan “This Site Can’t Be Reache – sicaca.kotamobagu.go.id took too long to respond”. Artinya : Situs ini tidak bisa dicapai, sicaca.kotamobagu.go.id terlalu lama merespon”

Padahal, website andalan Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara ini, dikenal seentero Sulawesi Utara, sebagai aplikasi layanan public yang diluncurkan Pemkot Kotamobagu medio tahun 2015. Bahkan hebatnya lagi, mengharumkan nama Kota Kotamobagu dengan prestasi jawara pada Pameran Informasi Teknologi (IT) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara digelar bertempat di Mantos, pada tanggal 04 April 2016.

Seorang sumber resmi pejabat Pemkot Kotamobagu, dikonfirmasi Kotamobagu Post baru-baru ini mengakui, kalau website : kotamobagukota.go.id yang didalamnya berisi situs sub domain www.sicaca.kotamobagukota.go.id itu, kabarnya tengah dilakukan perbaikan atau maintenance oleh seseorang yang diketahui admin pada situs pemerintah itu.

“Kabarnya sedang diperbaiki dan diatur lagi agar situs bisa lebih rapih,” kata seorang pejabat resmi Pemkot Kotamobagu, terkonfirmasi  membenarkan, situs SiCaCa, belum bisa diakses untuk masuk. Konfirmasi ini, dilakukan Kotamobagu Post pada tengah bulan Februari 2017.

Namun ironisnya, sudah hampir 3 pekan ini, hingga memasuki bulan Maret 2017, situs Cari Tau Cair, masih belum bisa juga diakses oleh publik masyarakat Kotamobagu.

Akibatnya, para mitra kerja atau umumnya pihak ke-tiga yang menjadi patner proses transaksi keuangan, tidak bisa mendapat kemudahan untuk mengetahui secara cepat, proses perjalanan berkas pencairan mereka.

“Dengan tidak bisa mengakses SiCaCa, kami tidak tahu lagi, berkas pencairan kami sudah sampai dimana. Kan di -SiCaCa-, ada petunjuk lengkap proses pengurusan berkas pencairan kami sudah sampai dimana. Kami berharap Ibu Walikota dan Pak Sekda, secepat mengatasi masalah ini,” keluh seorang sumber siang kemarin (01/03/2017) di halaman Bank SulutGo Kotamobagu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari pejabat berkompeten Pemkot Kotamobagu mengenai alasan, mengapa SiCaCa sedang offline, atau tak bisa diakses lagi. Mereka berharap, SiCaCa segera diaktifkan lagi. (audie kerap)

Kategori: KotamobaguTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SiCaCa, Situs Andalan Pemkot Kotamobagu, ‘Off Line’"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.