Disparbud Kotamobagu Gelar Pertemuan Dengan Budayawan dan Pelaku Usaha

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu saat menggelar pertemuan dengan budayawan dan pelaku usaha (ridwan/kpc)

KOTAMOBAGU POST – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu, melaksanakan pertemuan sengan para budayawan serta pelaku usaha di bidang tata rias dan dekorasi pelaminan pengantin.

“Kita bahas hal yang terkait dengan proses pelaksanaan adat dan budaya pernikahan, baik dari segi pakaian, aksesoris dan hal lainnya,” ujar Anki Taurina, Plt.Kadis Pariwusara dan Kebudayaan  Kota Kotamobagu, Rabu (18/2/2020).

Menurutnya, hasil dari pembahasan tersebut akan dibahas pada seminar adat dan budaya yang akan diselenggarakan pada tahun 2020 ini.

“Dalam seminar nantinya akan menghadirkan seluruh pemangku adat desa dan kelurahan serta para penggiat seni yang ada di daerah ini, agar bisa diperoleh rujukan untuk pembuatan Perdanya,” ujar Anki, dilansir dari inatoreport.

Senada hal itu seorang budayawan Bolmong, Chairun Mokoginta, memberikan apresiasi kepada Disbudpar, terkait penyelarasan adat.

“Kegiatan yang kita ikuti hari ini kalau dalam bahasa daerah “Mongonguman”, yakni untuk menyatukan cerita tentang adat dan kebudayaan. Nah hari ini kita sudah berhasil menyepakati pakaian adat pria wanita sesuai adat dan budaya Mongondow,” ucap Chairun. (rid/kpc)

Kategori: KotamobaguTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Disparbud Kotamobagu Gelar Pertemuan Dengan Budayawan dan Pelaku Usaha"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.