Rambu Lalin Boltim Sedot Rp800 Juta

0 788

 

Ruas jalan atoga moat rawan laka, tahun 2016 ini dapat alokasi DAK Rp800 Juta untuk Rambu lalulintas dan Pengaman jalan. (dok istimewa)

Ruas jalan atoga moat rawan laka, tahun 2016 ini dapat alokasi DAK Rp800 Juta untuk Rambu lalulintas dan Pengaman jalan. (dok istimewa)

KOTAMOBAGU POST – Dalam rangka menciptakan tertib berlalulintas dan menekan angka kecelakaan, Dinas Pehubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kabupaten Boltim, akan memasang ratusan rambu lalulintas, dan untuk  fasilitas pengaman jalan, akan dipasang diruas jalan Atoga-Moat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dishubkominfo Boltim, Melsij Reefon Alung. Menurutunya rambu-rambu lalulintas akan segera dipasang tahun ini juga karena sejak Boltim dimekarkan dari Bolmong Induk pada tahun 2007 lalu, keberadaan rambu lalulintas diseluruh ruas jalan di Boltim, masih kurang.

“Selain pemasangan rambu lalu lintas, juga akan dibangun pengaman jalan di Atoga-Mooat. Ruas jalan itu memang rawan kecelakaan, jarena topografi jalan diperbukitan yang curam sehingga kita memprioritaskan upaya keselamatan kendaraan”kata Alung.

Selain itu katanya, sejumlah ruas jalan lain yang membutuhkan rambu lalulintas seperti di sejumlah ruas jalan  beberapa titik. “Semisal  di ruas jalan Desa Jiko Belanga dan ruas Jalan Desa Atoga,” papar Alung.

Alung mengakui, di Boltim sendiri masih minim rambu lalu lintas sehingga kondisi jalan yang sempit dan berkelok-kelok, menjadi penyebab utama sejumlah kendaraan tergelincir saat hujan beberapa waktu lalu.

“Karena masih minimnya rambu lalulintas, sehingga Tahun ini 2016 anggarannya naik menjadi Rp 800 juta, dibandingkan tahun 2014 lalu, hanya Rp 400 juta saja. Semua dana ini bersumber dari dari Dana Alokasi Khusus,” jawab Alung kepada wartawan.

Alung meminta kepada masyarakat Boltim, untuk ikut menjaga dan merawat semua rambu lalulintas yang sudah dan akan dipasang, sebab katanya beberapa rambu lalulintas sebelumnya, sempat dirusak oleh oknum yang bertanggung jawab.

“Ada beberapa rambu lalulintas yang sudah hilang, kemungkinan dicuri, mungkin mereka ambil tiang besinya. Ada juga lampu penerang jalan yang rusak dan hilang. Kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi keberadaan fasilitas rambu lalulintas. Jika melihat ada yang sengaja merusak harap segera melaporkan kepada perugas terdekat,” terang Kadishub Boltim ini. (audy kerap)

Kategori: Boltim
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rambu Lalin Boltim Sedot Rp800 Juta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.