Pesan Gubernur Sulut : Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Jangan Bertikai

5 pasang Kepala Daerah di Provinsi Sulut di Lantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. (dok: Humas Pemprov Sulut)

5 pasang Kepala Daerah di Provinsi Sulut di Lantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. (dok: Humas Pemprov Sulut)

KOTAMOBAGU POST, MANADOGubernur Sulut Olly Dondokambey SE, mengingatkan agar menghindari keretakan atau pertikaian antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Pesan ini tersirat disela-sela sambutannya, pada momentum pelantikan dan pengambilan sumpah/janji, 5 pasangan Kepala Daerah (Rabu 07/02/2016), dirumah Dinas Graha Bumi Beringin.

“Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah harus bangun hubungan yang harmonis, saling mendukung dan menopang satu dengan yang lain agar tidak terjadi miss-interpretasi dan retak ditengah jalan. Telah ada pembagian tugas tugas, wewenang, kewajiban dan hak yang jelas antara kepala daerah dan wakilnya sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintahan Daerah,” kata figur yang memenangkan Pilkada Sulut, 09 Desember 2015.

Sebelum menyerahkan Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri kepada 5 pasangan kepala daerah itu, Gubernur sempat menanyakan kesanggupan pasangan Kepala Daerah yang dilantik, untuk mampu bekerja sama. “Apakah Bupati/Walikota bersedia bekerjasama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut sebagai wakil pemerintah pusat di daerah,” tanya Gubernur Dondokambey.  Kelima pasangan Bupati/Walikota tersebut langsung menyambut tegas, dan teriakan  “Siap bekerjasama,” kata mereka disaksikan 200 ratusan tamu yang hadir.

Lanjut Gubernur, guna menjawab itu semua, maka dalam waktu singkat para kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten/Kota harus mampu melakukan konsolidasi internal dalam tubuh jajaran pemerintahan, sekaligus menggalang sinergitas kerja dengan stakeholders pembangunan lainnya, ujar Dondokambey.

Selain itu kata Gubernur Dondokambey, merealisasikan visi yang diusung, melalui program kerja secara bertahap setiap tahunnya selama lima tahun mendatang, yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi daerah, serta sinergitas dengan arah pembangunan bangsa saat ini, yakni Nawacita, tandas orang nomor satu di tubuh PDIP Sulut ini.

Kepada 5 pasang Kepala Daerah ini, diminta harus bersinergi dengan Pemprov Sulut terutama dalam mensolusikan pekerjaan rumah yang sampai saat ini belum terselesaikan, diantaranya memerangi kemiskinan dan pengangguran, memastikan ketahanan pangan, dan memastikan kedaulatan pangan, energi serta maritim di wilayah kepulauan dan perbatasan.

Diketahui, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE,  melantik dan mengambil sumpah 5 pasang Bupati dan Walikota periode 2016-2021 di Graha Bumi Beringin Manado.Mereka adalah;  Herson Mayulu- Iskandar Kamaru, Sehan Landjar – Rusdi Gumalangit, Jimmy Eman- Syerly Sompotan, Vonnie Panambunan- Joppi Lengkong, Christiany Paruntu- Frangky Wongkar. (humas pemprov sulut/audy kerap)

Kategori: Bolsel, Boltim, Breaking News, Sulawesi Utara
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pesan Gubernur Sulut : Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Jangan Bertikai"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.