Pj Bupati dan Sekda Bolmong Kompak Sambut Tim BNPB Tangani Dampak Banjir di Dumoga

Advertorial, Bolmong94 Dilihat

KOTAMOBAGUPOST.COM,Bolmong – Pemda Bolmong menerima bantuan darurat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna menangani dampak banjir yang melanda beberapa desa di wilayah Dumoga. Kegiatan penyerahan bantuan ini dilaksanakan di halaman Kantor Camat Dumoga Barat, pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Acara penyerahan bantuan dihadiri oleh Penjabat Bupati Bolaang Mongondow, dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, Abdullah Mokoginta, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat se-Dumoga Raya, para sangadi, dan masyarakat setempat.

Dari pihak BNPB, dipimpin oleh tenaga ahli Brigjen TNI Lukmansyah, didampingi Brigjen TNI Bambang Eko Pratolo, Kasubdit dukungan pengerahan logistik dan peralatan Tono Sumarsono, penata penanggulangan bencana ahli pertama Fuad Tasman, serta analis bencana Teguh Pratama.

Dalam sambutannya, Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh BNPB.

Ia menekankan bahwa bantuan tersebut sangat membantu dalam penanganan darurat bencana yang terjadi di wilayah Dumoga Raya. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh BNPB. Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat yang terdampak banjir,” ujar Bupati Jusnan.

Abdullah juga melaporkan bahwa saat bencana banjir melanda wilayah tersebut, pihaknya turun langsung ke lokasi untuk memantau dan memastikan kebutuhan masyarakat. Selain itu melaporkan segala fasilitas milik warga dan milik pemerintah yang rusak akibat banjir tersebut.

Setelah acara penyerahan bantuan, tim BNPB bersama pejabat Pemkab Bolmong meninjau langsung kondisi infrastruktur yang rusak akibat banjir. Mereka melihat kerusakan jalan, jembatan, dan lahan pertanian yang terkena dampak banjir. Kondisi kerusakan ini juga sudah dilaporkan secara rinci kepada tim BNPB.

Brigjen TNI Lukmansyah, selaku tenaga ahli BNPB, mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait untuk menangani kerusakan infrastruktur dan lahan pertanian. “Kami akan mengkoordinasikan masalah kerusakan infrastruktur dan lahan pertanian ini ke Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian PUPR, serta Kementerian Sosial,” kata Lukmansyah.

Adapun bantuan darurat yang diberikan oleh BNPB kepada Pemkab Bolmong antara lain Dana Siap Pakai sebesar Rp. 200.000.000, serta berbagai dukungan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana banjir dan tanah longsor.

Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow, Abdullah Mokoginta, juga mengungkapkan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh BNPB. “Bantuan ini sangat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Kami berharap koordinasi antara Pemkab Bolmong dan BNPB terus terjalin dengan baik,” ujarnya.

Para kepala OPD, camat se-Dumoga Raya, dan para sangadi yang hadir dalam acara tersebut juga menyambut baik bantuan yang diberikan. Mereka berharap bantuan ini dapat segera disalurkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang terdampak.

Selain meninjau kerusakan infrastruktur, tim BNPB juga berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Mereka mendengarkan keluhan dan kebutuhan mendesak yang dirasakan oleh masyarakat akibat bencana banjir ini.

Masyarakat setempat menyambut baik kehadiran tim BNPB dan bantuan yang diberikan. Mereka berharap bantuan ini dapat membantu mereka bangkit kembali dari dampak bencana yang telah terjadi.

Kegiatan penyerahan bantuan dan peninjauan lokasi bencana ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan di wilayah Dumoga Raya. Pemkab Bolmong bersama BNPB akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat terdampak bencana.

Bupati Jusnan menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BNPB dan kementerian terkait untuk memastikan semua kebutuhan masyarakat terdampak dapat terpenuhi. “Kami akan terus berkoordinasi agar semua bantuan dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan cepat,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.