Dipilih Sebagai Rujukan, Kominfo Bolmong Terima Kunker Kominfo Sulut dan Gorontalo untuk Tingkatkan SPBE

Bolmong67 Dilihat

KOTAMOBAGUPOST.COM,Bolmong – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow menyambut baik kunjungan kerja Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Kominfo Kabupaten Gorontalo.

Kunjungan yang berlangsung pada Rabu, 15 Mei 2024 ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kerjasama terkait indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Marief Mokodompit, S.Kom., melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Imran Paputungan, menerima delegasi yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kominfo Sulut, Jhon Rembet, dan perwakilan dari Kominfo Kabupaten Gorontalo.

“Kunjungan kerja ini terkait koordinasi hasil Rakortekbang terkait indeks SPBE,” ujar Jhon Rembet.

Kabupaten Bolmong memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

KIM beranggotakan 3 hingga 30 orang yang bisa terdiri dari remaja, dewasa, pelajar, pedagang, petani, atau nelayan, baik pria maupun wanita.

Selain itu, Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo melakukan studi tiru dalam rangka penilaian SPBE tahun ini. Bolmong dipilih sebagai rujukan karena pada tahun 2023 meraih nilai sangat baik dalam penilaian SPBE.

Delegasi dari Gorontalo juga melakukan koordinasi penyusunan data bukti dukung Evaluasi Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (EPSS) terkait 38 indikator.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antar daerah dalam mengembangkan dan mengoptimalkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, serta memperkuat sinergi dalam pelayanan informasi dan pemberdayaan masyarakat.***