Bahas Pencegahan Kusta, Pj Bupati Jusnan Mokoginta Sambut Kunker NLR Alliance

Bolmong140 Dilihat

KOTAMOBAGUPOST.COM,Bolmong – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), dr. Jusnan C Mokoginta MARS, menyambut kunjungan kerja (kunker) NLR Alliance Office di Ballroom Hotel Sutanraja Kotamobagu. Jumat, 31 Mei 2024

Kunker tersebut dihadiri oleh Helena Aimee Broekkamp beserta rombongannya.

Untuk diketahui, NLR Alliance Office merupakan organisasi non-pemerintah (LSM) yang fokus pada pemberantasan kusta dan inklusi bagi orang dengan disabilitas akibat kusta.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jusnan Mokoginta menyampaikan ucapan selamat datang kepada Helena Aimee Broekkamp dan rombongan.

“Hari ini sangat spesial sekali, berbicara tentang masalah kusta mengingatkan saya pada nostalgia dengan NLR Alliance sekitar 20 tahun lalu. Saat itu, sebagai direktur rumah sakit di Maluku, saya dikirim ke Makassar untuk pelatihan selama dua minggu dan berinteraksi dengan pasien kusta di sana,” ungkap Jusnan.

Pada kesempatan tersebut, dr. Jusnan juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim NLR Alliance yang dipimpin oleh Helena Aimee Broekkamp.

“Kita berharap melalui program ini, kita bisa menangani kusta dengan baik. Masalah kita saat ini adalah keterbatasan dana, dan kami beruntung NLR Alliance telah membantu kita hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jusnan menyatakan bahwa pemerintah daerah akan mendukung program-program terkait penanganan kusta.

“Pemerintah daerah akan mensupport dan mungkin beberapa strategi terkait penanganan kusta akan saya sharing sama-sama sehingga suatu saat kita akan menciptakan kabupaten Bolaang Mongondow bebas Kusta,” tambahnya

Sementara itu, Helena Aimee Broekkamp menjelaskan tujuan kunker mereka. “Sebagai aliansi besar NLR di dunia, visi kami adalah membangun dunia bebas dari kusta. Kami belajar bersama dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan ini,” jelasnya.

Helena juga menekankan pentingnya upaya pencegahan penularan kusta. “Kami hadir di sini untuk mengenalkan secara langsung apa yang telah dilakukan di Kabupaten Bolaang Mongondow,” tambahnya.

Dia berharap kabupaten ini dapat melaksanakan upaya pencegahan dan penanggulangan kusta secara menyeluruh.

“Kami sangat menghargai upaya bapak ibu sekalian dalam membantu penanggulangan kusta, terutama bagi mereka yang pernah mengalami kusta dan keluarganya. Mereka sangat membutuhkan bantuan bapak ibu sekalian,” tutup Helena.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Bolmong, para camat, para kepala puskesmas, dan para sangadi se-Kabupaten Bolmong. ***