Optimisme Pemkot Kotamobagu: PAD Tahun 2024 Ditargetkan Rp. 120 Miliar

Kotamobagu48 Dilihat

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menegaskan optimisme mereka dalam mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2024.

Dalam pernyataan kepada awak media pada Senin, 01 April 2024, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu, Pra Sugiarto Yunus, menyatakan bahwa target PAD tahun ini ditetapkan sebesar Rp. 120 miliar, meningkat dari Rp. 98 miliar tahun sebelumnya.

“Sesuai dengan target yang telah ditetapkan, tahun ini kita menargetkan PAD sebesar Rp. 120 miliar,” ujar Sugiarto. Dia juga menegaskan bahwa angka tersebut termasuk kontribusi dari Pendapatan Asli Daerah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu sebesar sekitar Rp. 75 miliar.

Meskipun mengakui adanya keterlambatan pada awal tahun karena menunggu penetapan peraturan daerah (Perda) yang baru ditetapkan pada bulan Januari, Sugiarto optimis bahwa PAD bisa tercapai hingga akhir tahun.

“Meski pada awal April ini baru terealisasi sekitar 10 persen, namun jika dilihat dari tren tahun sebelumnya, pencapaian PAD sangat positif bahkan melebihi target. Tahun lalu, pencapaian PAD mencapai 108 persen,” tambahnya.

Sugiarto juga menjelaskan bahwa sumber pendapatan lainnya berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan sumber lainnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.