Bupati Limi Hadiri Rapat Paripurna HUT Kabupaten Bolmong ke-70, Soroti Capaian Pembangunan dan Inflasi Ringan

Bolmong295 Dilihat

KOTAMOBAGUPOST.COM,Bolmong – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Limi Mokodompit MM, menghadiri rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolmong yang ke-70. Senin, 25 Maret 2024

Rapat yang digelar di ruang Paripurna DPRD Bolmong tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD, Welty Komaling, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Gubernur Sulut yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemprov Sulut, Asripan Nani, Wakil Ketua dan anggota DPRD Bolmong, Forkopimda, serta sejumlah OPD Pemkab Bolmong.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Bolmong Limi Mokodompit menyampaikan bahwa rapat Paripurna tersebut menjadi sangat istimewa karena melibatkan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow, termasuk pimpinan dan anggota dewan, pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat luas.

Dirinya menekankan pentingnya mengingat dan mengevaluasi perjalanan yang telah dilalui dengan perjuangan demi mewujudkan cita-cita bersama untuk masa depan yang lebih baik bagi Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Mengingat rentang sejarah 70 tahun pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya dan bekerja keras, bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik, demi mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow,” ucapnya.

Limi Mokodompit juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada para pemimpin terdahulu dan seluruh komponen masyarakat yang telah berjuang demi pembangunan dan kemajuan daerah.

Ia berharap bahwa pengabdian, dedikasi, dan hasil karya yang telah diberikan kepada daerah menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi semua untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur Kabupaten Bolaang Mongondow.

Bupati Limi juga menyoroti capaian pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow, termasuk di sektor pertanian dan kelautan. Dia menyebutkan bahwa pada tahun 2023, produksi gabah kering panen mencapai 189.527 ton, menjadikan kabupaten ini sebagai lumbung beras dan penyuplai terbesar beras di Provinsi Sulawesi Utara. Di sektor kelautan dan perikanan, produksi perikanan tangkap pada tahun yang sama mencapai 11.874 ton dari target 12.157 ton.

Bupati menyoroti kebijakan pembangunan di bidang pendidikan yang menjadi prioritas utama pemerintah daerah. Dia mencatat peningkatan indeks pembangunan manusia dari 69,82 pada tahun 2022 menjadi 70,48 pada tahun 2023, menunjukkan peningkatan pelayanan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, upaya dalam penanggulangan stunting juga mencapai hasil yang signifikan dengan penurunan kasus dari 104 pada tahun 2022 menjadi 70 pada tahun 2023,” jelasnya

Limi Mokodompit juga mengungkapkan penurunan jumlah penduduk miskin dari 7,58% pada tahun 2021 menjadi 7,37% pada tahun 2023, serta penurunan angka pengangguran terbuka dari 4,96% menjadi 4,61% dalam kurun waktu yang sama.

Dia mencatat upaya dalam pengendalian inflasi yang berhasil menurunkan laju inflasi dari 6,03% pada tahun 2022 menjadi 3,40% pada tahun 2023, menjadikan Kabupaten Bolaang Mongondow masuk dalam kategori inflasi ringan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.