Foto Pejabat Pemkab Bolmong Dicatut Akun Palsu di WhatsApp, Kadis Kominfo Himbau Waspadai Penipuan

Bolmong211 Dilihat

BOLMONG -Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolmong, Ma’rief Mokodompit, menyoroti meningkatnya jumlah akun palsu melalui aplikasi WhatsApp yang mengatasnamakan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmong.

Modus penipuan yang menggunakan jejaring media sosial ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat, karena selain mencatut nama mereka, foto-foto di media sosial juga digunakan untuk membuat akun palsu dalam upaya melakukan penipuan.

“Modus penipuan semacam ini dapat dilakukan karena informasi pribadi dari korban tersebar di internet, sehingga pelaku dengan mudah mencatut identitas korban,” ujar Ma’rief pada Rabu, 6 Desember 2023.

Lebih lanjut, Ma’rief menjelaskan bahwa akun palsu tersebut dengan terang-terangan meminta sejumlah uang kepada beberapa pengguna WhatsApp dengan modus pura-pura menjadi pejabat.

Dalam tanggapannya, Ma’rief memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap pesan singkat WhatsApp yang mengaku sebagai pejabat.

“Saya meminta agar pengguna aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya dapat mencari informasi terlebih dahulu jika ada pesan masuk yang mengatasnamakan pejabat di lingkup Bolmong. Selalu waspada dan cari tahu terlebih dahulu sebelum meresponnya,” imbaunya.

Keberhati-hatian dalam menghadapi situasi ini diharapkan dapat membantu mencegah penipuan dan melindungi masyarakat dari upaya kejahatan di dunia maya.

Ma’rief menekankan pentingnya selalu memverifikasi informasi sebelum memberikan respons terhadap pesan yang mencurigakan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.