Dinkes dan TP PKK Kotamobagu Gelar Sosialisasi Pencegahan DBD

Kotamobagu222 Dilihat

KOTAMOBAGU– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu menggelar Sosialisasi tentang pencegahan Demam Berdarah (DBD) bertempat di Kantor Kelurahan Matali dan Motoboi Besar, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan hasil kerjasama dengan TP-PKK Kotamobagu tersebut, diselenggarakan dalam rangka Gebyar Hari Ibu ke 95 tahun.

Kabid Kesmas dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kotamobagu, Lindawati Hasan S. Fam mengatakan, kegiatan yang digelar bertujuan menekan angka DBD di Kota Kotamobagu, salah satunya melalui pemberantasan sarang nyamuk atau PSN.

“Pemberantasan sarang nyamuk dilakukan dengan metode 3M Plus, yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, serta mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk yang membawa virus DBD pada manusia,” ujar Linda.

Selain penerapan 3M Plus lanjutnya, dalam sosialisasi yang digelar juga turut disosialisasikan cara pencegahan gigitan nyamuk penyebab DBD melalui program KABELA atau Bapake Lotion Anti Nyamuk yang baru di canangkan pada acara HKN baru-baru ini.

“Intinya dalam sosialisasi ini kami berharap, agar masyarakat dapat menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) baik di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar,” tandasnya.