Bawaslu Boltim Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024: Sinergitas Semua Pihak Menjadi Kunci Sukses Demokrasi

Boltim652 Dilihat

KOTAMOBAGU POST – Dalam rangka sosialisasi pengawasan tahapan Pemilu 2024, Kordiv Hukum Pencegahan dan Permas-Humas Bawaslu Boltim, Trisno Mais, S. Ap M.Si, menekankan pentingnya keterlibatan Pers, LSM, dan Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam mengawasi peralihan Daftar Calon Sementara (DCS) menjadi Daftar Calon Tetap (DCT).

“Saat ini dalam tahap pencermatan DCS ke DPT peserta Pemilu, sehingga diharapkan sumbangsih partisipatif sekaligus keterlibatan seluruh komponen termasuk Ormas, LSM, dan Pers untuk bersama-sama Bawaslu mengawal jalannya tahapan yang saat ini tengah berlangsung,” ujar Trisno.

Trisno juga mengajak Pers untuk menjadi mata dan telinga Bawaslu, siap menerima dugaan pelanggaran atau saran kritik membangun dalam pelaksanaan tugas mereka.

Demikian juga, Ormas diminta untuk berpartisipasi dalam pengawasan dan melaporkan pelanggaran yang mereka temui.

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Harmoko Mando S.Hut, turut berharap pada sinergitas dari seluruh pihak dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilu.

“Saat ini, belum ada laporan terkait proses pencermatan DCS ke DCT, dan kerjasama dari Ormas, LSM, dan Pers sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengawasi tahapan ini,” ujar Harmoko


Kepala Sekretariat, Muhdi Pasma SE, menambahkan bahwa tahapan yang saat ini berjalan merupakan tahapan yang sangat penting, dan kegiatan sosialisasi yang digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu menjadi kunci untuk keberlanjutan proses demokrasi.

“Materi pengawasan yang disampaikan oleh narasumber-narasumber yang hadir sangat penting untuk pelaksanaan tugas pengawasan tahapan Pemilu,” ucap Muhdi Pasma

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan Ormas, LSM, Pers, dan Panwascam se Kabupaten Boltim, serta narasumber seperti DR. Fery Liando, Fence Bawengan, dan Jerry Mokolang.

Dengan sinergi dari semua pihak, diharapkan tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan transparan dan demokratis.***