Wali Kota Tatong Bara Hadiri Rakerkesda Provinsi Sulawesi Utara

Kotamobagu359 Dilihat

KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (4/7/2023), di Hotel The Sentra Manado.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, dr. Wahdania Mantang, M.Kes., rapat kerja dilaksanakan dalam membahas transformasi bidang kesehatan khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

“Transformasi dalam bidang kesehatan merupakan bentuk kerja sama Indonesia dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mewujudkan 6 pilar transformasi kesehatan yg merupakan upaya perbaikan sistem kesehatan, untuk mengatasi ketimpangan kesehatan di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara,” kata Wahdania.

Masalah pandemi Covid 19 lanjut Wahdania, memberi pelajaran bagi Indonesia termasuk Kota Kotamobagu dalam mengatasi permasalahan kesehatan.

“Diharapkan dengan transformasi kesehatan ini dapat membantu daerah-daerah dalam menghadapi permasalahan kesehatan di masa mendatang,” lanjutnya.

Adapun 6 pilar transformasi kesehatan meliputi transformasi layanan primer, layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Dalam Rakerkesda juga dilaksanakan launching program Inspirasi Keluarga dan BPJS online untuk Rumah Sakit ODSK, Rumah Sakit Mata dan Rumah Sakit Manembo-Nembo.

Rakerkesda yang menghadirikan pembicara dr. Endang Maria Sumiwi, MPH dari Dirjen Kesehatan Masyarakat ini, turut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE., Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw, Sekretaris Provinsi Sulut, para Kepala Daerah se-Sulawesi Utara, Kepala Dinas Kesehatan, para Direktur Rumah Sakit dan Pimpinan Laboratorium se-Sulawesi Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.