Inovasi SPBE Bolmong Jadi Contoh Daerah Lain dalam Meningkatkan Efisiensi dan Transparansi Pelayanan Publik

Bolmong688 Dilihat

BOLMONG —Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang diterapkan di Kabupaten Bolmong, Sulawesi Utara, telah menarik perhatian banyak pihak karena keberhasilannya dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi pelayanan publik di daerah tersebut.

Keberhasilan ini membuat SPBE Bolmong diakui sebagai primadona di wilayah Sulawesi Utara.

Prestasi SPBE Bolmong tidak hanya terbatas pada wilayah mereka sendiri. Kabupaten lain di Sulawesi Utara juga tertarik untuk meniru sistem yang telah berhasil diterapkan di Bolmong ini.

Bukti nyata dari minat tersebut terlihat ketika Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Minahasa Utara (Minut) melakukan kunjungan kerja ke Kominfo SP Bolmong pada Rabu (26/7) kemarin.

Kepala Dinas Kominfo Minut, Robby Parengkuan, memimpin rombongan yang tiba di Bolmong. Mereka diterima dengan hangat oleh Kepala Dinas Kominfo SP Bolmong, Ma’arif Mokodompit SKom, serta beberapa staf lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Maarief berbagi wawasan dan praktik terbaik terkait pengelolaan SPBE yang telah sukses diterapkan di Bolmong.

Menurut Ma’arif Mokodompit, teknologi dan sistem berbasis elektronik yang digunakan dalam SPBE telah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Layanan publik menjadi lebih cepat dan mudah diakses, serta proses administratif menjadi lebih efisien dengan mengurangi birokrasi yang berlebihan,” kata Ma’arif

Pada kesempatan tersebut, Robby Parengkuan dari Kominfo Minut juga tidak ragu untuk menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi dan inovasi yang telah ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan berharga dan inspirasi bagi Kabupaten Minahasa Utara dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah mereka.

“Kami sangat mengagumi langkah yang telah diambil oleh Pemkab Bolmong dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan masyarakat. Semoga kunjungan ini dapat memberikan wawasan baru bagi kami dan membuka peluang kolaborasi di masa depan untuk meningkatkan pelayanan publik di Minahasa Utara,” ujar Robby dengan antusias.

Kepala Dinas Kominfo SP Bolmong, Maarief Mokodompit, menyambut baik kunjungan dari Kominfo Minut. Ia berharap kolaborasi antar-daerah dalam penerapan teknologi dan sistem berbasis elektronik dapat semakin ditingkatkan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat.

Dengan prestasinya sebagai primadona di Sulawesi Utara, SPBE Bolmong membuktikan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik yang efisien dan transparan. (Cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.