Buka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria, Limi Mokodompit Tekankan Hal Ini

Bolmong97 Dilihat

BOLMONG –  Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir.Limi Mokodompit MM membuka kegiatan rapat koordinasi gugus tugas reforma agraria. Rabu, (17/5/2023) di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Rapat koordinasi yang diselangarakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Bolmong tersebut turut dihadiri Kadis PU,Kadis Perkim, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis Perkebunan, Kadis Perindag, Kaban BKD, Stafkusus Gubernur, Dandim 1303, Kejaksaan, dan kepala BPN provisi Sulut.

Pada sambutannya pejabat bupati Bolaang Mongondow  Mokodompit menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Rapat koordinasi gugus reforma agraria ini.

“Saya menyambut baik serta memberikan penghargaan kepada kepala kantor badan pertanahan nasional kabupaten Bolaang serta tim gugus tugas reforma agraria kabupaten bolaang mongondow, karena rapat koordinasi ini sangatlah penting dan strategis sebagai upaya kita bersama dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.melalui reforma agraria.” Kata Bupati

Menurutnya, permasalan tanah yang terjadi saat ini menjadi perhatian bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada, sehingga perumusan kembali terkait tatanan pertanahan menjadi keharusan karena jika terus dibiarkan justru berpontensi menambah permasalahan terjadi.

“Pelaksanaan reforma agraria sebagai salah satu cita – cita pemerintah yang merupakan nawacita yang ke- 5 yaitu program indonesia kerja dan indonesai sejahterah dengan mendorong Landlefrom dan program pemilikan tanah seluas 9 juta hectare dan telah menjadi program prioritas nasional sesuai dengan amanat RPJMN 2020 – 2024,”Ujarnya.

Lanjutnya, Nawacita ke 5 ini harus didukung penuh oleh semua karena secara umum masih banyak permasalahan utama menyangkut agraria yang harus diselesaikan.

“seperti ketimpangan penguasaan dan hak kepemilikan atas tanah, ahli fungsi lahan pertanian yang masif sengketa dan konflik agraria seperti permasalahan batas dan sertifikat ganda kemiskinan dan penganguran,” kata Bupati.

Selain itu ia berpesan, pelaksanan Rapat koordanasi reforma agraria hari ini harus ditangani dan ditindak lanjuti dengan serius oleh segenap jajaran terkait dalam rangka mendukung tercapainya tujuan terselengaranya aset refrom mewujudkan dan meningkatkan kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat kabupaten Bolmong. (Cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.