Sah! Pemkab Boltim dan PT Asa Teken Kesepakatan Soal Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Boltim276 Dilihat

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersama PT. Arafura Surya Alam (ASA), menandatangani kesepakatan bersama tentang penyerapan tenaga kerja lokal dalam kegiatan operasional PT. ASA, bertempat di Kantor Bupati Boltim, Senin (03/04/2023).

Ada pun penadatanganan tersebut dilakukan langsung Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si dan Direktur Utama PT. ASA, Arif Perdanakusumah, disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka beserta sejumlah pimpinan SKPD Boltim dan pimpinan PT. ASA.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Bupati karena pada hari ini, akhirnya terlaksana penandatanganan kesepakatan bersama terkait dengan penyerapan tenaga kerja lokal di PT. ASA, ini juga merupakan cita-cita saya. Dengan adanya kesepakatan bersama ini mudah – mudahan dapat menjadi kebahagiaan bagi masyarakat Boltim lebih khusus yang ada di lingkar tambang,” ungkap Direktur Utama PT. ASA, Arif Perdanakusumah.

Lebih lanjut Arif mengatakan, nantinya untuk tenaga kerja lokal dirinya akan merekrut sekitar paling sedikit 60%, terutama warga yang berada di lingkar tambang.


“Tentunya untuk mencapai angka 60 persen ini, perlu ada pelatihan atau pengalaman kerja. Nah, kami dari PT ASA akan menyediakan tempat pelatihan secara mandiri maupun melalui balai pelatihan kerja bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, agar terciptanya sumber daya yang berkualitas dan siap pakai,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sachrul memberikan apresiasi kepada PT. ASA yang akan melakukan pelatihan tenaga kerja kepada warga lingkar tambang.

“Ini sangat luar biasa, pihak perusahaan akan menyiapkan pelatihan kepada masyarakat lingkar tambang, nantinya sertifikat pelatihan bisa digunakan warga untuk melamar di PT. ASA dan perusahaan lainnya,” ungkap Bupati.

Sachrul mengungkapkan, dirinya berharap komitmen yang sudah dituangkan dalam kesepakatan bersama ini akan menjadi titik awal yang baik bagi PT. ASA dan Pemkab Boltim terutama untuk masyarakat.

“Saya tidak pernah memanfaatkan perusahaan untuk kepentingan pribadi, hal itu sebagai komitmen saya untuk bagaimana kemudian membuka pintu investasi untuk perusahan yang masuk di Boltim, tapi bukan untuk kita manfaatkan, saya tidak mau melakukan itu, saya tidak mau memanfaatkan jabatan, saya ingin kita sebagai keluarga yang saling menyayangi itu sudah luar biasa bagi saya,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut GM External Relation PT. ASA, Irwan Lupoyo dan Head of People & Organization J Resources, Muhammad Suhada.(*/Dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.