oleh

Wali Kota Tatong Bara Buka Secara Resmi Bimtek Tata Kelola Pemerintahan Desa

KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara membuka secara resmi pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Pemerintahan Desa dalam Mendukung Efektifitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Bagi Para Sangadi dan Perangkat Desa se-Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2023, Sabtu (18/3/2023), di Sutanraja Hotel Kotamobagu.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak penyelenggara Institut Pengembangan Manajemen Pemerintah dan Kementerian Dalam Negeri.

“Atas nama pribadi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Institut Pengembangan Manajemen Pemerintah yang telah memfasilitasi pelaksanaan bimbingan teknis dan Kemendagri yang telah berkenan menjadi narasumber untuk meningkatkan kemampuan para Sangadi dan perangkat desa se-Kota Kotamobagu dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa,” ucap Wali Kota.

Menurut Wali Kota, pelaksanaan Bimtek menjadi penting dan strategis bagi para Sangadi dan perangkat desa untuk meningkatkan kemampuan teknis dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Bimtek ini menjadi penting dan strategis karena 3 bulan pasca dilantik kepala desa harus menyusun dokumen RPJMDes, yang didalamnya banyak memuat hal-hal teknis yang harus dikuasai oleh para kepala desa dan perangkat, terutama pada tahap implementasinya. Setelah Bimtek ini jika ada Bapak Ibu Kepala Desa yang ingin melakukan studi banding, studi komparatif untuk menambah wawasan bagaimana agar desa Bapak Ibu bisa lebih maju lagi ke depannya, maka itu bisa dilakukan,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga berpesan agar seleruh peserta dapat mengikuti pelaksanaan Bimtek dengan sebaik-baiknya hingga selesai.

“Insyaallah Bimtek ini bisa diikuti dengan baik agar bisa mendapatkan nilai tambah bagi para Sangadi dan perangkat desa yang ada. Saya titip ini untuk diikuti dengan sebaik-baiknya,” ucap Wali Kota.

Pembukaan Bimtek yang akan dilaksanakan hingga tanggal 19 Maret 2023 ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah Sofyan Mokoginta, SH., ME., para asisten, pimpinan OPD, Camat, Sangadi beserta perangkat desa se-Kota Kotamobagu.