oleh

Prioritas Pembangunan Daerah Kota Kotamobagu Dibahas dalam Musrenbang

KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kotamobagu Tahun 2024, Senin (27/3).

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan salah satu aspek yang diatur dalam konteks perencanaan adalah Rencana Kerja Pemerintah Daerah sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja, dan pendanaan, untuk jangka waktu 1 tahun, dengan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah, dan Program Strategis Nasional, sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Melalui pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kota Kotamobagu ini, maka Pemerintah Daerah, akan mendapatkan masukan dari berbagai pihak, dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, tentang prioritas pembangunan daerah, maupun pagu indikatif pendanaan, berdasarkan fungsi dari setiap organisasi perangkat daerah,” ujarnya.

Wali Kota juga mengatakan, berdasarkan isu strategis dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Kotamobagu, serta dengan memperhatikan Rancangan Pembangunan Nasional dan Provinsi Sulawesi Utara serta dilihat dari kondisi Kota Kotamobagu, maka Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu pada Tahun 2024 mendatang, mengusung tema pembangunan Meningkatkan sumber pembiayaan pembangunan melalui tata kelola pemerintahan yang baik, demokratis dan berdaya saing.

Wali Kota juga berharap agar seluruh peserta Musrenbang dapat memberikan masukan dan saran serta ide dalam rangka penyempurnaan RKPD Kota Kotamobagu Tahun 2024.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka saya sangat mengharapkan kepada para pemangku kepentingan agar dapat memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan serta prioritas pembangunan di Kota Kotamobagu, sekaligus memberikan masukan, serta usulan, sehingga kita semua akan dapat menghasilkan rencana program dan kegiatan yang lebih aspiratif, transparan, tepat sasaran, dapat dipertanggungjawabkan, serta tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di daerah ini,” ujar Wali Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kota Kotamobagu tersebut, juga dihadiri Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, S.H., Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Meiddy Makalalag, S.T., para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Anggota DPRD Kota Kotamobagu, para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, para pimpinan perguruan tinggi, pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan LSM. (*)