Begini Peran Strategis 25 Staf Khusus Bupati Bolmong Dalam Mewujudkan Visi dan Misi

Bolmong158 Dilihat

BOLMONG – Penggunaan 25 staf khusus Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) di Pemkab Bolmong sudah sesuai mekanisme.

Hal itu disampaikan Hi Yusuf Moodutu, salah satu staf khusus Bupati Bolmong menanggapi tudingan dari Wakil Ketua DPRD Bolmong, Sulhan yang menyebut penggunaan 25 staf khusus merupakan pemborosan.

“Fungsi staf khusus sangatlah berguna untuk membantu bupati apalagi letak Bolmong sangatlah luas dan terdapat berbagai macam suku, ras serta agama,” ujar Hi Yusuf Mooduto.

Yusuf menyampaikan pernyataan Wakil Ketua DPRD Bolmong Sulhan tidak berdasar. Menurutnya pengangkatan staf khusus sudah sesuai regulasi bahkan dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dibahas bersama legislatif (DPRD Bolmong).

“Pertanyaannya saat membahas APBD oknum wakil ketua tersebut berada dimana sedang apa?. Kenapa setelah sudah direalisasikan baru berkoar-koar seakan mencari popularitas dari isu ini?,” tegasnya.

Buya menegaskan, pengangkatan 25 staf khusus didasari dengan luasnya wilayah pemerintahan Bolmong dan didalamnya terdapat berbagai macam ras, suku dan agama.

Untuk itu dikatakan Yusuf yang tergabung dalam staf khusus didalamnya ada mantan bupati, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tenaga ahli dibidangnya. “Tentunya dengan adanya staf khusus pasti akan mempermudah kerja dan kebijakan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bolmong, Deker Rompas mengatakan bahwa penggunaan staf khusus Bupati tersebut sudah dengan aturan.

Menurutnya, undang-undang 23 tahun 2014 adalah salah satu landasan yuridis bagi pemerintah daerah sebagai lembaga yang diberikan hak, wewenang dan kewajiban di daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan untuk mengimbangi pemberian kewenangan bagi pemerintah daerah melalui otonomi daerah dikeluarkan undang-undang nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan.

Dimana kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahannya dibantu oleh perangkat daerah yang membidangi urusan pemerintahan.

Sedangkan yang dimaksud dengan perangkat daerah berdasarkan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016. “Jadi presiden, gubernur dan bupati serta walikota berhak mengangkat staf khusus sebagai pembantu penyenggaraan pemerintah untuk mewujudkan visi dan misi,” terangnya.

“Wilayah Bolmong sangatlah luas sehingga diperlukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan. Terutama penyelenggaraan pembangunan, kemasyarakatan dan sosbud perlu didukung dengan khusus untuk membantu bupati,” Lanjutnya. (*/Cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.