Dinilai Tim Suveyor KARS, RSUD Kotamobagu Raih Akreditasi Paripurna

Kotamobagu915 Dilihat

KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu berhasil meraih Akreditasi Paripurna dalam penilaian yang dilakukan oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Menurut Direktur RSUD Kotamobagu, dr. Wahdania Mantang, M.Kes., tujuan akreditasi untuk melihat sejauh mana kepatuhan rumah sakit terhadap standar akreditasi dan regulasi yang ditetapkan. Intinya sebagai tools atau alat untuk meningkatkan pelayanan.

“Untuk RSUD Kotamobagu sendiri, dari 16 Kelompok Kerja (Pokja) akreditasi, dengan tiap Pokja harus menyajikan dokumen  antara 10 sampai 15 Bab dan hampir 1000 elemen penilaian, hasil penilaian oleh tim surveyor untuk setiap Pokja dalam dokumen nilainya berada di atas 90, bahkan sebagian besar Pokja mendapatkan nilai 100, sehingga memperoleh akreditasi paripurna,”kata Wahdania

Menurutnya, hasil akreditasi paripurna ini berkat komitmen seluruh civitas RSUD Kotamobagu. Mulai dari membentuk tim akreditasi dan menunjuk asesor internal untuk bidang manajemen, bidang medis dan bidang keperawatan.

“Asesor internal ini membuat penilaian dan evaluasi, juga monitoring secara berkala. Dengan adanya monitoring evaluasi oleh asesor internal maka semua dokumen serta kebutuhan lain untuk telusur lapangan saat survei sudah siap dan lengkap,” ujarnya

Diraihnya predikat paripurna dalam akreditasi ini, RSUD Kotamobagu berkomitmen untuk semakin meningkatkan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat.
“Harapan kami sesuai visi RSUD yaitu Menjadi Rumah Saki Rujukan Regional se-Bolaang Mongondow Raya dan sekitarnya bisa terwujud dengan memberikan pelayanan berkualitas dan profesional, ” ucapnya

Sementara Kepala Bagian Administrasi Umum Fernando M. Mongkau, S.Kep.Ns.M.Kes., menambahkan untuk meningkatkan mutu layanan RSUD Kotamobagu.

“ke depan akan diupayakan untuk terus menambah fasilitas agar lebih lengkap dengan penambahan pembangunan gedung baru juga sarana prasarana, penyediaan sumber daya manusia berkualitas dan layanan spesifik yang lebih lengkap dan terjangkau, sehingga RSUD Kotamobagu dapa menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat Bolmong Raya, khususnya Kota Kotamobagu, “kata Fernando

Selain itu menurut Fernando M. Mongkau, S.Kep.Ns.M.Kes., dengan akreditasi paripurna ini, pelayanan di RSUD Kotamobagu akan mengalami peningkatan mutu yang mengutamakan keselamatan pasien dan berbasis resiko.(*/Cox)