oleh

Program Kemanusiaan Bupati Limi Mokodompit, Tiap Ahli Duka Dapat Santunan Rp2 Juta

KOTAMOBAGU POST – Kabar gembira bagi seluruh masyarakat dimana mulai awal tahun 2023 ini, setiap keluarga yang mengalami duka cita di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akan mendapatkan bantuan atau santunan duka dari Pemkab Bolmong.

Akan berjalannya program kemanusiaan Bupati Ir Limi Mokodompit MM tersebut, menyusul pihak DPRD Kabupaten Bolmong telah menyetujui program tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023.

“Iya, benar sekali. Program kemanusiaan yang diusulkan oleh Pak Bupati Bolmong, telah disetujui dan ditetapkan dalam Perda APBD Tahun 2023 oleh DPRD Bolmong,” ucap Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling SE, MM.

Dikatakan Welty Komaling bahwa program untuk santunan sebesar Rp2 juta bagi keluarga ahli duka tersebut, telah dianggarkan dalam APBD tahun 2023 dan segera akan dijalankan oleh Bupati Bolmong Limi Mokodompit.

Senada hal itu, Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM dikonfirmasi via seluler oleh Kotamobagu Post, Kamis (12/01/2023) membenarkan.

“Iya pak, memang program santunan duka tersebut saya usulkan dan perjuangkan agar bisa teranggarkan dalam APBD Tahun 2023. Alhamdulilah disetujui oleh DPRD Bolmong dan akan segera berjalan awal tahun ini,” terang Bupati Bolmong Limi Mokodompit, via telepohon dari seberang.

Akan berjalannya pemberian santunan duka bagi setiap ahli duka sebesar Rp2 juta, menurut Bupati Limi Mokodompit yakni tinggal menunggu mekanisme penyaluran melalui payung hukumnya.

“Secara teknis penyaluran atau pemberian santunan duka bagi keluarga yang berduka apakah melalui Peraturan Bupati atau Peraturan Daerah, hal ini sedang disusun oleh tim Pemkab Bolmong,” ucap Bupati.

Dikatakan, dirinya telah menginsturuksikan bagi tim penyusun ‘payung hukum’ dimaksud agar segera secepat mungkin menyelesaikan dalam waktu dekat ini.

“Saya minta dipercepat penyusunan dan penetapan aturan penyaluran santunan duka, agar supaya segera diterapkan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Bolmong. Mudah-mudahan, pekan depan sudah selesai,” tambah Bupati Limi. (audie kerap)