Bupati SSM Serahkan Piagam Penghargaan Desa Mandiri Kepada 4 Sangadi di Boltim

Boltim131 Dilihat

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, menyerahkan piagam penghargaan sekaligus menyematkan lencana kepada 4 Sangadi peraih penghargaan Desa Mandiri dari Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI.

Penyerahan piagam dan penyematan lencana Desa Mandiri kepada 4 sangadi dilaksanakan usai Apel Kerja Perdana ASN Pemkab Boltim, di lapangan Bogani Kotabunan, Rabu (4/1/2023) kemarin.

“Pak bupati menyerahkan langsung piagam sekaligus penyematan lencana dari Kemendes untuk 4 Sangadi di Boltim yang berhasil meraih penghargaan Desa Mandiri 2022,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Hendra Tangel.

Lanjut Hendra mengatakan, penyerahan piagam penghargaan tersebut berdasarkan keputusan Kemendes PDTT RI Nomor 105 Tahun 2022 tentang pemberian penghargaan desa dengan status mandiri 2022.

“Sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, desa mandiri adalah suatu proses yang dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhannya dengan kemampuan sendiri,” ujarnya.

Hendra menambahkan, keempat desa yang meraih penghargaan tersebut yakni Desa Tutuyan, Tutuyan 3, Togid Kecamatan Tutuyan, dan Desa Purworejo Kecamatan Modayag.

“Kategori desa mandiri antara lain adanya pelayanan umum yang baik, penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Desa mandiri adalah desa yang memiliki nilai indeks pembangunan desa (IPD) lebih dari 75,” tutup Hendra. (*/Cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.