oleh

Jalankan Amanat Permenkes, Hari Ini PDAM Bolmong Mulai Gelar Test Kualitas Air Minum 

KOTAMOBAGU POST – Dalam rangka memenuhi standart kesehatan air minum, hari ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bolmong mulai akan melakukan pemeriksaan Kesehatan kualitas air minum di tiga Kabupaten/Kota.

Pemeriksaan kesehatan air minum sebagai amanat Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomow 492 Tahun 2010 menurut Kasie Perencanaan dan Produksi Robert Lintong, dilakukan rutin setiap bulannya.

“Iya, sudah rutin dilakukan setiap bulannya untuk melakukan pemeriksaan air minum di semua wilayah distribusi air minum pada pelanggan,” ujar Lintong.

Pemeriksaan kualitas air minum menurutnya, dilakukan bersama-sama dengan Tim ahli dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong yang turun langsung dilokasi pengambilan sampling air minum.

“Pengambilan sampling air minum di tiga tempat, masing-masing diambil masing-masing dua titik, kemudian akan dilalukan pemeriksaan uji laboratorium. Kegiatan pemeriksaan kualitas air minum ini rutin kami lakukan setiap bulan berjalan,” tandasnya.

Pemeriksaan ini dikatakan sesuai dengan amanat Permenkes untuk menjamin kualitas air minum yang dikonsumsi masyarakat pelanggan PDAM Bolmong, terjamin kualitas kesehatannya.

“Misalkan persyaratan kualitas air minum misalnya  batas maksimum kadar Fe dan Ph, tentunya PDAM Bolmong sangat konsisten dengan penerapan standart kualitas air minum yang layak dikonsomsi masyarakat pelanggan,” terang Lintong.

Diketahui, PDAM Bolmong memiliki wilayah opersional pelanggan di tiga daerah, yakni Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Bolmong Timur. (audie kerap)