oleh

Diikuti 3.890 Atlit, Gubernur Sulut Resmi Buka Porprov Ke-11 di Kabupaten Bolmong

KOTAMOBAGU POST – Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey SE, resmi membuka kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara Ke-11 Tahun 2022, di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pembukaan kegiatan Porprov perdana pasca Pandemi Covid 19, berlangsung di halaman Kantor Bupati Bolmong, Lolak, diikuti oleh 15 Kontingen dari 15 Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Sulawesi Utara.

Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut saat membuka langsung kegiatan Porprov Sulut ke 11 tahun 2022 di Kabupaten Bolmong

Gubernur Sulut dalam sambutannnta mengatakan, patutlah menaikan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasan berkat tuntunan-Nya acara Porprov Ke-11, bisa berjalan dengan baik.

“Porprov ke-11 ini dapat dijadikan sebagai ajang menguji kemampuan bagi seluruh peserta sebagai sarana peningkaan prestasi , sekaligus meningkatkan semangat atau memotivasi kepada seluruh peserta,” ajak Gubernur.

Dikatakan, peran serta kepala daerah dan Forkompimda perlu dikerjasamakan lebih baik sehingga pada PON 2024 nanti Provonsi Sulut bisa meningkatkan perolehan medali emas.

Menenurutnya, Kondisi kehidupan baru terlepas dari Covid 19, dimana kegiatan Porprov 2 tahun lalu, batal dilaksanakan.

“Karena kegiatan ini adalah Porprov pertama pasca pandemic, diharapakan menjadi ajang persiapan atlit atlit, untuk menuju PON Tahun 2024 maka saya mengajak pada kita semua untuk kita sukseskan Porprov Ke-11 ini,” ajak Gubernur.

Gubernur Sulut disambut Tarian Tuitan pada Porprov Sulut ke 11 di Bolmong

Gubernur juga memberikan apreseasi kepada Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bolmong yang sudah mempersiapkan untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan Poprov Ke-11 dan mengajak kepada seluruh peserta agar dapat bertanding dengan menjunjung tinggi spostifitas antara sesama pemain.

“Kita terus mensukseskan kegiatan-kegiatan Porprov sebagai ajang pemersatu, penggerak roda ekonomi dan menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus hidup sehat,” terang Gubernur.

Senada hal itu, Ketua Panitia Porprov Ke-11 Ir Limi Mokodompit MM dalam laporannya menyampaikan kepada Gubernur Sulut bahwa dasar kegiatan Poprov Ke-11 dimana Kabupaten Bolmong sebagai tuan rumah telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Sulut Nomor 143 Tahun 2022 tentang penunjukan Kabupaten Bolmong sebagai tuan rumah.

Tarian Kabela menyemarakan pembukaan Porprov Ke 11 di Kabupaten Bolmong

“Pekan Olahraga Provinsi Sulut ini Sebagai wujud realisasi pembininan olahraga, sebagai rekrut atlit kontingen pra pon, dan menjadi motivator olaharaga untuk tingkat kebugaran, Meningkatkan kesatuan dan kebersamaan sesame kontingen, Meningkatkan prerstasi atlit pada PON,” kata Ir Limi Mokodompit sekaligus Pj.Bupati Bolmong.

Adapun katanya, menjadi sasaran pelaksanaan, adalah sukses penyelenggaran, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan bergbagai potensi.

“Dapat kami laporkan, peserta Porprov Ke-11 Tahun 2022 yakni sebanyak 3.890 Atlit dan sebanyak 993 official , serta tenaga keamanan, TNI, Polri, Satpol PP, Relawan dan tenaga medis untuk mensukseskan kegiatan,” terang Bupati Limi Mokodompit.

Adapun kata Bupati Limi Mokodompit, terdapat 32 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 356 Medali Emas, 356 Medali Perak serta 900 medali perunggu.

Marching Band dari SMA Katolik Kota Tomohon tampil memukau saat open Ceremony Porprov Sulut ke 11 di Kabupaten Bolmong

“Adapun Tema Porprov Ke-11 Tahun 2022 di Kabupaten Boolmong yakni kobarkan semangat, junjung sportivitas, Prestasi untuk Sulawesi Utara dan Motto ke 11 Porprov; “ Ikow Mo Jago, Akuoi Mo jago Doman,” ujar Bupati Limi Mokodompit.

Sebelumnya kedatangan rombongon Gubernur Sulut di Lolak, Kabupaten Bolmong disambut dengan tarian Tuitan dan Tarian Kabela serta pertunjukan Marching Band dari SMA Katolik Kota Tomohon.

Kegiatan Open Ceremony Porprov Ke-11 di Lolak berlangsung spektakuler yang dihiasi dengan kemeriahan kembang api yang mengiringi pemasangan Api Porprov Ke-11 yang akan terus menyala hingga selesai kegiatan Porprov ke-11.

Hadir dalam Open Ceremony Porprov Ke-11 Tahun 2022 yang berlangsung di Ibu Kota Kabupaten Bolmong, – Lolak-, yakni Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen Suwarno , Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Ketua DPRD Provinsi Sulut Drs Silangen, Danlantamal Laksamana Pertama Nouldy J.Tangka, Danlanud SRI Marsma TNI M. Satriyo Utomo, SH, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Muchlis, beserta seluruh Bupati dan Wakil Bupati.

Tampak hadir pula, Kapolres Bolmong, Kapolres Kotamobagu, Ketua DPRD Bolmong, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh, Walikota Kotamobagu Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan SH. (advertorial/audie kerap)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.