Prorgam G to G Jerman 2022, 14 Warga  SulutGo Lulus Wawancara

Manado, Nasional229 Dilihat

MANADO – Sebanyak 14 putra-putri asal Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo), lulus tahap wawancara pada program G to G Jerman tahun 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Hendra Makalalag selaku kepala BP2MI Sulawesi Utara, (09/09/2022) diruang kerjanya.

“Saya senang sekali karena berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh oleh kedeputian penempatan pemerintah kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Sulut dan Gorontalo dari 18 yang melamar sebanyak 14 lulus wawancara” kata Hendra.

Meski kata Hendra bahwa tahun 2021 lalu, dari Sulut dan Gorontalo tidak ada yang lulus program ini karena kuota yang sedikit.

“Tahun lalu kuota yang diterima oleh pihak Jerman hanya 200 kandidat dan pelamar dari Sulut serta Gorontalo hanya 4 orang, sayangnya tidak ada yang lulus. Tahun ini pihak Jerman membuka kuota sebanyak 300 orang dan Alhamdulilah dari Sulut dan Gorontalo jumlah yang melamar ada 18 orang, dan yang lulus wawancara ada 14 orang” jelas Hendra.

Menurut Hendra setelah lulus proses wawancara, kesemuanya peserta akan mengikuti pelatihan Bahasa Jerman.

“Setelah ini, mereka akan diberikan pelatihan bahasa Jerman level B1 secara offline dan online oleh Goethe Institue Jakarta. Selain itu, para kandidat ini dapat memilih apakah mau ikut online atau offline sesuai dengan kondisi dan pertimbangan masing-masing. Adapun pelatihan nantinya diadakan selama 9 bulan dan akan dimulai diawal Oktober 2022 nanti.” Jelas Hendra.

“Saya sangat berharap semua peserta bisa mengikuti pelatihan bahasa dengan lancar sehingga bisa ditempatkan untuk bekerja di Jerman dan bisa ikut mensejahterakan ekonomi keluarga dan turut menyumbangkan devisa untuk membangun Sulut dan Gorontalo” tutup Hendra. (audie kerap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.