oleh

Diback Up TNI-Polri, Dinas Perhubungan Kotamobagu Tertibkan Mobil AKDP di Terminal Serasi  

KOTAMOBAGU —Pemerintah Kota mulai melakukan penertiban angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang masih beroperasi di Terminal Serasi Kelurahan Gogagoman, untuk dipindahkan ke Terminal Bonawang Mongkonai, Senin (19/9/2022) pagi di Terminal Serasi Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Penertiban dilaksanakan setelah sebelumnya telah dilakukan sosialisasi terhadap sopir dan pemilik kendaraan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) beberapa waktu lalu, untuk segera memindahkan opersional kendaraan dari Terminal Serasi ke Terminal Bonawang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sitti Rafiqah Bora, SE., yang memimpin langsung penertiban mengatakan pemindahan ini sesuai ketentuan Permenhub Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan, Perda Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta arahan dari Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara.

“Hari ini Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu, Dinas Satpol PP Kota Kotamobagu Bersama TNI Polri serta Organda melaksanakan penertiban untuk memindahkan operasional kendaraan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang ada di Terminal Serasi tipe C ke Terminal Bonawang tipe B yang berada di Kelurahan Mongkonai. Arahan dari Dinas Perhubungan Sulut bahwa Terminal Bonawang sudah siap ditempati. Kita step by step, penertiban itu tidak serta merta cuma satu hari, kita berkerjasama dengan tim gabungan sehingga sudah mulai hari ini untuk penertiban, besok dan seterusnya kegiatan berlangsung terus,”  kata Rafiqah.

Ia juga menghimbau kepada sopir angkutan untuk segera menempati Terminal Bonawang yang memang sudah siap untuk menampung angkutan AKDP yang ada. Terminal Serasi adalah terminal tipe C yang bukan diperuntukkan bagi AKDP, tapi untuk angkutan penumpang dalam kota.

“Tidak perlu berlama-lama di sini karena memang sudah harus pindah. Pemerintah tidak ada niat untuk memberatkan atau menzolimi supir-supir angkutan AKDP yang ada. Untuk membantu masyarakat yang akan ke Terminal Bonawang, saat ini Pemkot menyiapkan beberapa bus secara gratis untuk mengangkut penumpang ke Terminal Bonawang,” ucap Rafiqah. (*)