oleh

Bupati Limi Mokodompit : “Kampung Pancasila Untuk Tingkatkan Rasa Persatuan”

KOTAMOBAGU POST, BOLMONG – Penjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, menghadiri Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila.

Dilaksanakan oleh Dandim 1303 Bolmong di Balai Desa Mopuya kecamatan Dumoga Utara, Selasa (20/09/2022). Bupati didampingi Asisten I dan kepala OPD pemkab Bolmong dan turut dihadiri Forkompinda Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1303/Bolmong, Letkol Inf Topan Angker S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan dicanagkannya Kampung Pancasila di Mopuya Bersatu, itu dinilai sangat tepat mengingat saat ini dengan terus berkembangnya teknologi dalam kehidupan bermasyarakat nilai-nilai Pancasila semakin hari dinilai semakin terkikis.

“Oleh sebab itu diperlukan adanya usaha untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,”ungkap Topan Angker

Dandim juga menambahkan Kampung Pancasila ini Bertujuan untuk memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multikultur dan multi agama.

Selanjutnya Dalam sabumbutan Bupati Limi Mokodompit menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1303 Bolmong dan jajaranya yang telah mengilisiasi,menggagas dan melaksanakan serta menetapkan desa mopuya utara untuk diresmikan sebagai Kampung Pancasila.

“Pemerintah kabupaten Bolmong menyambut baik dan siap mendukung penuh keberadaan kampung Pancasila karena sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multikultural multieknik dan multi agama,”kata Limi Mokodompit.

Dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus memperdalam rasa cinta dan rela berkorban untuk tanah air, maka pembentukan paradigma yang tepat terhadap dasar negara Pancasila menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan seiring dengan masuknya arus globalisasi serta banyaknya ideologi atau paham yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sehingga untuk memahami esensi dan arti penting dari nilai-nilai Pancasila hendaknya dilakukan secara menyeluruh tidak hanya makna tersurat saja yang dipahami namun juga makna tersirat yang terkandung dalam simbol setiap sila.

“Peresmian Kampung Pancasila untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang keragaman suku agama dan budaya di negeri ini, hanya bisa disatukan oleh Pancasila,” ungkapnya.

Di akhir sambutan Bupati Limi menyampaikan bahwa miniatur Indonesia ada di kabupaten Bolaang Mongondow tepatnya di kecamatan Dumoga Utara, sehingga pelaksanaan tugas penguatan kerukunan dan pencapaian masyarakat bukan hanya tugas pemerintah dan unsur aparat penegak hukum, tetapi hal tersebut merupan tugas kita bersama.

“Mari kita sama- sama bergandengan tanggan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat serta berita hoaks yang sengaja di sebaruntuk segera lakukan klarifikasi agar issu tersebut tidak merusak keharmonisan dan kerukunan tantanan kehidupan masyarakat di daerah ini,”tutupnya. (atek mokoginta)