oleh

1 Unit Damkar Dikerahkan, Tim Evakuasi Selamatkan Korban Kebakaran di RSUD Kotamobagu

 

KOTAMOBAGU POST – Tim Evakuasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu berhasil bekerja keras dalam upaya penyelamatan sejumlah pasien yang terperangkap kobaran  api di Lantai II gedung rumah sakit.

Selain itu, Tim Evakuasi RSUD Kotamobagu juga berhasil menyelamatkan sebanyak 66 karyawan RSUD yang bertugas di lantai II gedung. Mereka berhasil dievakuasi dengan selamat dan turun menyelamatkan diri hingga mencapai tempat titik evakuasi dalam waktu 2 menit 49 detik.

Satu unit mobil pemadam kebakaran pada pukul 14.30 Wita bersama 6 orang tim pemadam, juga dikerahkan oleh Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Kotamobagu berhasil saat melakukan pemadaman api yang terjadi di lantai II gedung rumah sakit milik Pemkot Kotamobagu itu.

Keberhasilan pemadaman tersebut juga ikut didukung oleh ketersediaan Pompa Hidran sebagai sumber air untuk memadamkan kobaran api yang terjadi di lantai II bangunan.

Demikian ketegangan ini pada suasana simulasi kebakaran yang digelar oleh Perusahaan Star Safety bekerjasama dengan Dinas Pol PP dan Damkar Kota Kotamobagu, Jumat (02/09/2022) bertempat di halaman RSUD Kotamobagu.

Dalam simulasi tersebut melibatkan sebanyak 66 karyawan dan ASN RSUD Kotamobagu dari semua unit kerja, semisal, Dapur, Radiologi, Ruang Perawat, Radiologi, Security dan Laboratorium serta dari managemen rumah sakit.

Dahlan Mokodompit selaku Kordinator IMK RSUD Kotamobagu mengatakan, simulasi evakuasi kebakaran dilakukan untuk memastikan waktu evakuasi saat terjadinya bencana darurat kebakaran juga untuk memastikan fungsi seluruh jaringan hidran air di rumah sakit.

“Alhamdulilah, simulasi evakuasi pasien dan karyawan dari kebakaran berhasil kami laksanakan. Dalam simulasi ini banyak yang diajarkan oleh pihak Star Safety selaku pelaksana kegiatan tentang bagaimana situasi menghadapi keadaan darurat,” ujar Dahlan.

Senada hal itu, Dirut RSUD Kotamobagu Dokter Wahdania Mantang MKes  menyatakan, simulasi evakuasi penyelamatan kebakaran dilakukan bekerjasama dengan Perusahaan jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) adalah untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

“Selain simulai evakuasi terhadap korban kebakaran juga dilakukan training teori dan praktek penggunaan Alat Pemadam Ringan (APAR) bagi karyawan untuk langsung memadamkan kobaran api. Juga praktek pemadaman api dari sumber api tabung gas dipraktekan oleh karyawan kami,” ujar Direktur RSUD Kotamobagu.

Tampak Direktur Utama Star Safety Grup, Effendi Mokodompit SE, MM memimpin langsung proses simulasi evakuasi penyelamatan pasien dan karyawan yang melibatkan Kabid Damkar Dinas Satpol PP, Erwin Sugeha sebagai pemateri dan praktek pemadaman kobaran api menggunakan APAR. (audie kerap)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed