oleh

UPT BP2MI Manado Sukses Gelar Sosialisasi di Institut Graha Medika Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Kepala Kantor Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia UPT  Manado dan Gorontalo, sukses menggelar sosialisasikan Peluang Kerja ke luar negeri bertempat di Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu

Kegiatan pada Selasa (02/08/2022) dipimpin langsung oleh Kepala Kantor BP2MI Manado  Hendra Makalalag diikuti oleh lebih dari 245 mahasiswa Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu (IKTGM), dan masyarakat yang sempat hadir.

Dalam sambutannya, Kepala UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalag menyambut baik kesempatan sosialisasi ini.

“Kesempatan sosialisasi ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami selaku pemerintah untuk menginformasikan peluang kerja ke luar negeri secara procedural kepada masyarakat. Di kesempatan sosialisasi kali ini kami ingin menjabarkan secara jelas mengenai prosedur kerja ke luar negeri agar masyarakat Sulawesi Utara khususnya Kota Kotamobagu bisa tertarik dan berminat kerja ke luar negeri,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hendra menyebutkan bahwa peluang kerja ke luar negeri adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu pemerintah daerah mengurangi pengangguran.

“Saat ini angka pengangguran Sulawesi Utara sangat tinggi. Kurang lebih 80 ribuan jiwa kini tidak memiliki pekerjaan. Untuk itu peluang kerja ke luar negeri ini adalah peluang yang sangat baik untuk dimanfaatkan,” kata Hendra.

Hendra juga menambahkan bahwa gaji yang akan didapat ketika bekerja sebagai pekerja migran juga sangat menggiurkan, contohnya gaji sebagai Care Worker di Jepang mulai dari Rp 20 jutaan/bulan atau gaji sebagai fruit packer di Inggris yang angkanya bisa mancapai 30 jutaan/bulan.

“Dengan penghasilan sebesar itu, kami harapkan para pekerja migran asal Sulawesi Utara khususnya Kota Kotamobagu dapat mensejahterakan keluarganya di Indonesia, membantu pemerintah daerah mengurangi pengangguran, serta dapat membangun daerahnya masing-masing lewat remitansi yang dikirimkan setiap bulannya,” tutupnya. (audie kerap)